Marah merupakan gejolak emosi yang diungkapkan dengan ekspresi dan perbuatan untuk memperoleh kepuasan. Amarah adalah sifat, bahkan bisa dikatakan suatu perasaan yang penting bagi manusia. Ia dapat membangkitkan gelora perjuangan dan semangat pengorbanan. (Temukan cara mengendalikan emosi kemarahan!)
 
Kendati demikian, rasa marah yang tidak terkontrol justru akan berakibat buruk bagi Anda. Ketika seseorang dalam kondisi marah, sulit untuk berpikir jernih. Tidak sedikit orang mengambil keputusan yang salah ketika ia sedang diselimuti kemarahan.

4 cara mengendalikan emosi kemarahan degan cepat
Oleh karena itu muncul sebuah nasehat, “janganlah Anda mengambil sebuah keputusan ketika Anda sedang marah.” Seperti beberapa berita yang muncul di televisi, “seorang anak tega membunuh ibu kandungnya.” Dalam kondisi marah, nalar Anda seakan mati.
 
Tidak sedikit rumah tangga yang berantakan yang disebabkan oleh ketidakmampuan mengontrol kemarahan. Tiada hari diisi dengan pertengkaran.
 
Orang yang suka marah-marah lebih rawan mengidapkan penyakit, misalkan tekanan darah tinggi.
 
Penting bagi Anda semua mengetahui cara mengendalikan emosi kemarahan. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, tapi bagi semua orang. Kemarahan adalah satu pintu masuknya setan dalam menjerumuskan manusia dalam kehinaan.
 

Dalam islam, cara mengendalikan emosi kemarahan adalah dengan memperbanyak istighfar. Ketika Anda dihadapkan pada situasi dan kondisi yang membuat Anda marah, maka beristighfarlah.

 

3 Cara mengendalikan emosi kemarahan yang lainnya ialah sebagai berikut ;

 

1. Ketika Anda menghadapi kondisi tertentu yang membuat Anda ingin marah, tenangkan diri Anda. Dengan cara tarik nafas dalam-dalam melalui hidung, dan hembuskan secara perlahan melalui mulut. Lakukanlah secara berulang-ulang.

2. Lihatlah suatu peristiwa dari sudut pandang yang berbeda. Anda tidak dapat mengubah situasi tertentu. Akan tetapi Anda dapat mengubah sudut pandang Anda terhadap peristiwa tersebut. Mengubah sudut pandang yang membuat Anda marah menjadi sudut pandang yang membuat Anda merasa lebih baik.

3. Ubahlah fokus Anda. Suatu contoh : ketika istri Anda melakukan sesuatu hal yang membuat Anda marah, maka ingatlah kebaikan-kebaikannya. Karena satu kesalahan dapat menghapus beribu kebaikan, ketika Anda salah fokus.

 
Semoga 3 cara mengendalikan emosi kemarahan ini memberikan banyak manfaat untuk Anda semua. Menjadikan setiap pribadi lebih sabar dalam kondisi sesulit apapun. Amiin. Terima kasih.