4 Cara Menghilangkan Gugup Saat Presentasi Di Depan Umum

Ketika Anda berpikir bisa berubah atau sembuh, Insya Allah kesembuhan atau perubahan hidup jadi lebih baik akan Anda dapatkan.

Ada seorang perempuan usia 22 tahun, ia menghubungi kami melalui chat whatsapp. Bercerita tentang kondisi yang tengah ia alami saat ini. Ia mengatakan bahwa dirinya mengalami masalah kurang percaya diri.

“Sejak kapan menyadari kondisi tersebut?”

Saya tidak ingat secara pasti kapan rasa kurang percaya diri ini muncul tapi saya mulai menyadarinya saat saya SMA ketika saya mau presentasi atau disuru bicara didepan kelas saya akan gugup dan tidak dapat bicara dengan baik, jauh hari sblm presentasi pun saya merasa sangat cemas dan memikirkan hal yg tidak-tidak yang akan terjadi saat presentasi…

 

Saat saya kuliah perasaan kurang percaya diri ini lebih jelas lagi saya rasakan. Saya akan merasa gugup saat presentasi dan menjawab dengan kata2 yg tidak teratur dan terlihat seperti orang bodoh, walaupun saya yang menyiapkan bahan presentasinya dan sudah mempelajari bahan presentasinya.

Saya belajar dengan penuh tekanan dan rasa takut apabila tidak dapat melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan dg baik. Saat dosen saya bertanya ketika dalam kelaspun saya tidak berani menjawab, saat mengikuti kelaspun saya merasa sedikit takut, bahkan saat pemanggilan absensi juga saya gugup, saya juga gugup saat bertemu org baru dan memulai hal baru.

Sekarang saya sudah lulus kuliah tapi karena tidak percaya diri dengan kemampuan saya, saya sampai sekarang tidak berani untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan untuk kuliah lagi.

“Apakah kondisi saya ini bisa disembuhkan dengan Hipnoterapi?”

Saya anak pertama dari 3 bersaudara. Sebenarnya saya sangat cerewet dengan teman-teman terdekat saya atau teman yg saya rasa nyaman dengan mereka tetapi jika dengan orang yg saya rasa tidak nyaman saya tidak akan banyak bicara dengan mereka.

Saya itu orangnya tidak akan percaya kalo belum terbukti terjadi pada diri saya. Misalnya saya akan percaya jika saya sudah belajar dengan baik apabila saya mendapat nilai yg lulus/baik dalam ujian jadi sebelum saya mengikuti ujian tersebut saya akan gelisah dan tidak percaya dengan kemampuan saya dan dengan apa yg telah saya pelajari. Jdi sebenarnya saya ragu apakah saya bisa sembuh dari rasa tidak percaya diri ini sebelum ada bukti nyata pada diri saya pak.

Jadi dengan pemikiran seperti ini apakah saya bisa sembuh pak??

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah merubah sudut pandang Anda. Munculkan keyakinan dalam diri Anda, bahwa Anda BISA lebih percaya diri, BERANI berbicara dengan orang baru dan mudah bergaul.

“Anda adalah apa yang Anda pikirkan.” Ketika Anda berpikir bisa sembuh atau berubah, maka Insya Allah Anda akan benar-benar bisa berubah atau sembuh. Anda tidak bisa merubah orang lain, akan tetapi Anda bisa merubah diri Anda sendiri.

Selanjutnya Anda bisa memunculkan semua kelebihan Anda (orang yang minder biasanya mengalami kesulitan untuk melihat kelebihan yang dimiliki) lalu tuliskan dalam secarik kertas, tuliskan sebanyak-banyaknya. Stop berpikir tentang kekurangan Anda (karena hal ini akan lebih mudah muncul dalam pikiran bagi orang yang mengalami minder). Ketika rasa minder muncul, Anda ingat lagi semua kelebihan Anda. Untuk membantu menenangkan pikiran Anda, Anda bisa tarik nafas dalam lalu hembuskan, lakukan berulang-ulang sembari fokus pada kelebihan Anda. Anda tentu percaya bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing kan?

Begitu pun dengan Anda. Anda banyak memiliki kelebihan yang orang lain tidak memilikinya. Fokus terhadap semua kelebihan Anda, dan hormati kekurangan orang lain.

Jadi, cara menghilangkan gugup saat presentasi didepan umum adalah mengikuti langkah – langkah berikut ini : 1). Menemukan penyebab dari kondisi minder yang Anda alami. Hal ini bisa dilakukan dengan mendatangi konselor, hipnoterapis. , 2). Mulai sekarang Anda fokus terhadap kelebihan Anda. Cara memunculkan atau menyadari kelebihan yang Anda miliki ialah Anda bisa memulainya dengan menuliskan semua kelebihan Anda. 3). Tenangkan pikiran dengan cara tarik nafas yang dalam lalu hembuskan secara perlahan sembari ingat dengan kelebihan Anda. 4). Siapkan dan pelajari materi yang akan Anda presentasi.,

Semoga Bermanfaat.

Apabila membutuhkan layanan Hipnoterapi, Anda bisa menghubungi Media Sugesti 085105224499.

#meningkatkanrasapercayadiri #hipnoterapi #percayadiri#menghilangkanminder #carameningkatkanpercayadiri#konsultasimotivasi 

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera