4 Langkah Cara Meningkatkan Percaya Diri

Percaya diri adalah kebutuhan setiap orang untuk bisa bertahan & memenangkan persaingan kehidupan. Apapun profesinya, percaya diri sangat dibutuhkan. Apakah sebagai pelajar, karyawan, pebisnis, hingga ibu rumah tangga.

Percaya diri mutlak dibutuhkan untuk bisa menikmati & mengembangkan hidup jadi lebih spektakuler.

cara meningkatkan percaya diriMeski demikian, banyak orang yang merasa tidak percaya diri. Ketidak percayaan diri ini akhirnya berdampak pada stagnasi kehidupan. Dalam bentuk nyata nya, orang-orang yang tidak percaya diri akan mengalami takut untuk presentasi tugas sekolah, takut presentasi pada sidang tugas akhir, takut presentasi pada klien, takut memutuskan impian hidup, takut mengutarakan pendapat, takut memulai kehidupan baru, takut memulai pekerjaan, dan ketakutan-ketakutan lainnya.

Hal ini membuat hidup Anda menjadi menjadi mengalami stagnasi, atau kehidupan Anda akan tertindas oleh otoritas orang lain. Hidup Anda akan menjadi bulan-bulanan orang lain.

Dan itu akan terjadi sepanjang hidup Anda. Kecuali Anda bersedia merubah perspektif Anda, dan membiasakan diri untuk menggunakan perspektif yang lebih positif tentang diri Anda…

Ketika Anda tidak percaya diri, bisa jadi Anda memiliki niat yang baik, untuk menjadi rendah hati. Namun kebanyakan orang, malah kebablasan menjadi rendah diri. Atau terkadang ingin menghindari untuk menjadi orang yang tinggi hati. Dan akhirnya tanpa disadari malah menjadi rendah diri.

Karena memang banyak orang yang tidak bisa membedakan antara rendah hati dan rendah diri, antaraa tinggi hati dan percaya diri. Berikut saya mencoba menguraikan pemahaman sifat-sifat tersebut :

Rendah diri : Tidak percaya diri. Minder. Merasa diri lebih rendah dari orang lain. Pemikiran bahwa orang lain pasti lebih hebat daripada dirinya. Fokus pada kekurangan diri sendiri, dan pada kelebihan orang lain.

Rendah hati : Merasa diri memiliki kemampuan, yang hanya digunakan atau ditampilkan pada saat memang dibutuhkan. Bukan untuk dipamerkan. Fokus pada kelebihan diri sendiri dan menghormati kelebihan dan kekurangan orang lain.

Percaya diri : Merasa diri memiliki kelebihan, dan menghormati kekurangan orang lain.

Tinggi hati : Sombong. Arogan. Suka pamer. Merasa memiliki kelebihan, dan merendahkan orang lain. Fokus pada kelebihan diri sendiri, dan kekurangan orang lain.

Dengan memahami sifat-sifat tersebut, maka Anda bisa memilih sifat mana yang ingin Anda install pada pikiran dan kepribadian Anda. Pada umumnya, sifat yang mulia dan membawa pada kesuksesan adalah Rendah Hati dan Percaya Diri.

Sedangkan sifat Rendah Diri akan membawa Anda pada perasaan ketertindasan dan ketidak berdayaan. Sedangkan
sifat tinggi hati, akan membawa Anda pada keangkuhan yang berujung pada kejatuhan di masa depan.

Sebelum Anda membaca 4 Langkah Cara Meningkatkan Percaya Diri sebaiknya Anda menyaksikan video tutorial dari Bpk. Oktastika Badai Nirmala tentang cara meningkatkan percaya diri. Dalam video ini Pak Oktastika Badai Nirmala menjelaskan metode “balapan di track yang berbeda,” sebuah metode yang berhasil membantu banyak orang untuk meningkatkan percaya diri.

Berikut cara meningkatkan rasa percaya diri :

1). Sadari kelebihan-kelebihan yang Anda miliki.
Jika Anda keseulitan menemukannya, coba Anda sediakan kertas kosong, dan tulis disitu kekurangan dan kelebihan yang Anda miliki. Biasanya orang-orang yang rendah diri, akan menuliskan kekurangannya lebih banyak daripada kelebihannya.

Oleh sebab itu, coba tulis semua yang muncul dalam pikiran Anda. Jika kelebihan Anda lebih sedikit dari kekurangan Anda, coba cari lagi. Hingga kelebihan Anda menjadi sama atau sedikit lebih banyak dari kekurangan Anda.

2). Ketika Anda bertemu dengan orang yang lebih hebat dari Anda, dan membuat Anda minder.
Coba bayangkan, hal apa yang sulit dilakukan orang tersebut, sedangkan bagi Anda sangat mudah. Hal apapun boleh. Termasuk hal yang agak konyol.

Selanjutnya Anda katakan pada diri Anda bahwa, sehebat-hebatnya orang itu, tapi dia sulit melakukan hal yang sangat mudah Anda lakukan.cara mengatasi minder

3). Biasakan Anda berjalan dan duduk dengan posisi punggung tegak, bahu membuka, pandangan rata kedepan, dan senyum.

 

Lakukan dengan lues dan nyaman. Ketika Anda terbiasa menggunakan posisi tubuh ini, maka rasa percaya diri Anda akan mudah meningkat.

4). Melakukan Hipnoterapi.
Hipnoterapi adalah langkah terakhir yang mungkin bisa Anda lakukan untuk meningkatkan percaya diri. Ketika Anda sudah menerapkan point 1 – 3 namun belum ada perubahan.

Ada baiknya Anda melakukan hipnoterapi, karena dengan hipnoterapi akan dibantu untuk menemukan akar masalah yang menyebabkan Anda kurang percaya diri.

Semoga bermanfaat.

-Oktastika-

Sumber : https://oktastika.wordpress.com/2015/02/26/cara-meningkatkan-percaya-diri-katamasokta-katamotivasi/

About Media Sugesti

Media Sugesti adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi kepribadian, hipnoterapi dan motivasi. Berlaku untuk anak-anak hingga dewasa. Media Sugesti didukung oleh para ahli dengan latar belakang pendidikan psikologi dan hipnoterapi. Sehingga layanan yang diberikan semakin maksimal untuk membantu Anda mencapai kehidupan yang lebih bahagia dan sukses luar biasa. PRODUK & LAYANAN : HIPNOTERAPI, KONSULTASI MOTIVASI, TEST PSIKOLOGI, TEST SIDIK JARI, TEST GRAPHOLOGY, PERSONALITY CHECK UP, STORY TELLER, NARASUMBER SEMINAR & TRAINING, CD HIPNOTERAPI MEDIA SUGESTI: Jl.Gubeng Kertajaya 7c No.56 - Surabaya - Jawa Timur - Indonesia 085105224499 Buka setiap hari Senin-Sabtu - Jam 10:00-17:00 Setiap konsultasi dan terapi harus melalui perjanjian lebih dulu.

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera