Rasa percaya diri adalah salah satu sikap positif yang dimiliki oleh setiap individu. Sikap ini memberikan kekuatan kepada setiap individu. Memberikan dorongan keberanian dalam melakukan sesuatu, misalnya menentukan sebuah keputusan, dan lain sebagainya. (4 tips meningkatkan percaya diri)
 
Ketika seorang invididu kehilangan rasa percaya diri, seakan mereka kehilangan kekuatan dirinya. Kesulitan untuk menunjukkan dirinya. Merasa dirinya tak mampu berbuat apapun. Bisa Anda bayangkan jika hal itu terjadi kepada Anda?
 
Kami banyak berjumpa dengan klien yang memiliki masalah kurang percaya diri atau minder.

4 tips meningkatkan percaya diri
Seorang remaja perempuan usia 19 tahun, mogok kuliah setelah mengikuti ospek. Setelah melakukan konseling, diketahui penyebabnya ialah dibully oleh beberapa orang temannya. Karena dia memiliki perawakan yang besar, kemudian teman-temannya memberikan panggilan “si gendut.”
 
Dia merasa tidak nyaman dengan sebutan tersebut. Dia marah, tapi tidak memiliki kekuatan untuk melawannya. Mogok kuliah adalah salah satu yang muncul dalam pikirannya, karena mudah dilakukan. Alhamdulillah, setelah melakukan Hipnoterapi, diapun mulai muncul rasa percaya diri dan berani masuk kuliah.
 
Seorang manajer perusahaan otomotif ternama, selalu merasa tidak percaya diri ketika presentasi. Khususnya ketika presentasi didepan atasannya. Akan tetapi ketika dia presentasi di depan teamnya, ia lakukan dengan sangat baik. Tidak muncul cemas, minder, grogi atau gemetaran.
 
Setelah melakukan konseling, diketahui penyebabnya dia memiliki riwayat yang kurang menyenangkan dimasa lalu. Dia memiliki orang tua yang sangat keras, terutama ayahnya. Ayahnya sering memukulnya ketika dia melakukan kesalahan. Hal ini membuatnya takut ketika hendak melakukan sesuatu. Tanpa disadari ketakutan tersebut terbawa hingga dewasa. Alhamdulillah, setelah melakukan hipnoterapi 2 kali pertemuan, dia mengalami perubahan yg signifikan.
 
Itu adalah beberapa kasus yang berkaitan dengan rasa percaya diri. Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya dirinya. Seseorang kehilangan ketertarikan terhadap lawan jenis setelah dulu pernah dikhianati oleh kekasihnya.
 

Pada artikel ini kami akan berbagi 4 tips meningkatkan percaya diri. Semoga artikel ini menjadi jawaban atas permasalahan yang Anda alami selama ini. Baca secara menyeluruh hingga akhir.

4 tips meningkatkan percaya diri terbaru 2019
Banyak orang yang merasa tidak percaya diri. Ketidak percayaan diri ini akhirnya berdampak pada stagnasi kehidupan. Dalam bentuk nyata, orang-orang yang tidak percaya diri akan mengalami kondisi sebagai berikut; 1. Takut untuk presentasi tugas sekolah, 2. Takut presentasi pada sidang tugas akhir, 3. Takut presentasi pada klien, 4. Takut memutuskan impian hidup, 5. Takut mengutarakan pendapat, 6. Takut memulai kehidupan baru, 7. Takut memulai pekerjaan, dan ketakutan-ketakutan lainnya.
 
Hal ini membuat hidup Anda menjadi menjadi mengalami stagnasi. Atau kehidupan Anda akan tertindas oleh otoritas orang lain. Hidup Anda akan menjadi bulan-bulanan orang lain.
 
Dan itu akan terjadi sepanjang hidup Anda. Kecuali Anda bersedia merubah perspektif Anda, dan membiasakan diri untuk menggunakan perspektif yang lebih positif tentang diri Anda…
 
Ketika Anda tidak percaya diri, bisa jadi Anda memiliki niat yang baik, untuk menjadi rendah hati. Namun kebanyakan orang, malah kebablasan menjadi rendah diri. Atau terkadang ingin menghindari untuk menjadi orang yang tinggi hati. Dan akhirnya tanpa disadari malah menjadi rendah diri.
 
Karena memang banyak orang yang tidak bisa membedakan antara rendah hati dan rendah diri. Antaraa tinggi hati dan percaya diri. Berikut saya mencoba menguraikan pemahaman sifat-sifat tersebut :
4 tips meningkatkan percaya diri
Rendah diri : Tidak percaya diri. Minder. Merasa diri lebih rendah dari orang lain. Pemikiran bahwa orang lain pasti lebih hebat daripada dirinya. Fokus pada kekurangan diri sendiri, dan pada kelebihan orang lain.
 
Rendah hati : Merasa diri memiliki kemampuan, yang hanya digunakan atau ditampilkan pada saat memang dibutuhkan. Bukan untuk dipamerkan. Fokus pada kelebihan diri sendiri dan menghormati kelebihan dan kekurangan orang lain.
 
Percaya diri : Merasa diri memiliki kelebihan, dan menghormati kekurangan orang lain.
 
Tinggi hati : Sombong. Arogan. Suka pamer. Merasa memiliki kelebihan, dan merendahkan orang lain. Fokus pada kelebihan diri sendiri, dan kekurangan orang lain.
 
Memahami sifat-sifat tersebut, maka Anda bisa memilih sifat mana yang ingin Anda install pada pikiran dan kepribadian Anda. Pada umumnya, sifat yang mulia dan membawa pada kesuksesan adalah Rendah Hati dan Percaya Diri.
 
Sedangkan sifat Rendah Diri akan membawa Anda pada perasaan ketertindasan dan ketidak berdayaan. Sedangkan sifat tinggi hati, akan membawa Anda pada keangkuhan yang berujung pada kejatuhan di masa depan.
 
Dibawah ini adalah video tutorial dari Bpk. Oktastika Badai Nirmala tentang cara meningkatkan percaya diri. Simaklah video ini hingga selesai.

 
1). Sadari kelebihan-kelebihan yang Anda miliki. Jika Anda kesulitan menemukannya, coba Anda cara ini. Sediakan kertas kosong, tulis kekurangan dan kelebihan Anda. Biasanya orang-orang yang rendah diri, akan menuliskan kekurangannya lebih banyak daripada kelebihannya.
 
Oleh sebab itu, coba tulis semua yang muncul dalam pikiran Anda. Jika kelebihan Anda lebih sedikit dari kekurangan Anda, coba cari lagi. Hingga kelebihan Anda menjadi sama atau sedikit lebih banyak dari kekurangan Anda.
 
2). Ketika Anda bertemu dengan orang yang lebih hebat dari Anda, dan membuat Anda minder. Coba bayangkan, hal apa yang sulit dilakukan orang tersebut, sedangkan bagi Anda sangat mudah. Hal apapun boleh. Termasuk hal yang agak konyol.
 
Katakan pada diri Anda “sehebat-hebatnya orang itu, tapi dia sulit melakukan hal yang sangat mudah Anda lakukan.”
 
3). Biasakan Anda berjalan dan duduk dengan posisi punggung tegak, bahu membuka, pandangan rata kedepan, dan senyum.
 
Lakukan dengan lues dan nyaman. Ketika Anda terbiasa menggunakan posisi tubuh ini, maka rasa percaya diri Anda akan mudah meningkat.
 
4). Melakukan Hipnoterapi. Hipnoterapi adalah salah satu terapi yang dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sangat tepat bagi Anda yang ingin bangkit dari keterpurukan.
 
Munculkan kembali rasa percaya diri yang selama ini hilang, tertutup dengan tebalnya rasa minder, serta ketakutan.
 
Demikian 4 tips meningkatkan percaya diri yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk Anda semua. Terima kasih.
 
Semoga bermanfaat.
 
-Oktastika-