5 Langkah Menghipnosis Diri Sendiri

Perkenalkan, saya Oktastika Badai Nirmala.
(Motivator nasional, hipnoterapis, penulis buku Terapi Pikiran Bahagia)
 
Yang pasti, malam ini sesuai tema, kita akan ngobrol tentang 5 Langkah Menghipnosis Diri Sendiri.
 
Agar obrolan kita bisa semakin bermanfaat, saya undang teman-teman semua untuk bisa langsung berinteraksi. Meskipun ketika saya sedang menuliskan materi, Anda boleh menyelanya dengan menulis di group Peserta. Baik perupa pertanyaan ataupun pernyataan. Nanti akan saya ulas di group materi.
 
Sebelum kita ngobrol lebih lanjut, saya ingin bertanya pada Anda…. 🤔

 
Ketika Anda pertama kali tahu bahwa kami menyelenggarakan kulwap dengan judul 5 Langkah Menghipnosis Diri Sendiri apa yang muncul dalam benak Anda ? Banyak orang tertarik dengan kata “menghipnosis” yang berakar dari kata “hipnosis”. Apakah Anda juga tertarik dengan kata ini? Apakah Anda sudah tahu, apa sebenarnya hipnosis itu?
 
Mungkin diantara Anda ada yang beranggapan bahwa hipnosis itu harus pakai tidur. Atau seperti program acara di TV. Dimana ada orang yang diajak berjabat tangan, kemudian dihitung “Satu, Dua, Tiga…”, kemudian tertidur. Dan selanjutnya diberikan kata-kata sugesti. Sehingga dia kemudian berperilaku sesuai dengan kalimat sugesti tersebut.
 
Yang Anda saksikan di TV itu adalah salah satu cabang hipnosis, yang disebut dengan stage hypnosis atau hypno entertainment yang bertujuan untuk memberikan entertainment pada Anda.
 
Selain stage hypnosys masih banyak cabang hipnosis lainnya. Dimana salah satu yang paling dasar adalah yang akan kita bicarakan pada malam hari ini, self hypnosis atau hipnosis diri sendiri.
 
Sampai sini, adakah teman-teman yang ingin memberikan respon ??
 
Solihin Fairus :
“Selamat malam pak okta bagaimana caranya self hipnosis untuk orang yang susah fokus dan punya mental blok yang parah?”
 
Terimakasih mas Solihinfairus. Pertanyaannya keren…. 👍🏼👍🏼
Bisakah diceritakan yang mas maksud dengan susah fokus itu seperti apa? Dan mental block apa yang terjadi?
 
Kak Nitnit:
“Kalau sugesti untuk diri sendiri itu apakah harus dalam posisi tidur?”
 
Jawaban : Tentang “apakah hipnosis diri sendiri harus dalam posisi tidur”?
Yang perlu dipajami adalah bahwa, hipnosis itu ada 2 macam.
1. Waking hypnosis yakni hipnosis dengan mata terbuka. Teknisnya seperti orang ngobrol. Namun materi obrolannya diarahkan sesuai tujuan.
2. Sleep hypnosis yakni hipnosis dengan mata tertutup. Seperti tidur. Namun bukan tidur. Seakan seperti kondisi anatara tidur dan sadar.
 
Hipnosis untuk diri sendiri, (nanti saya uraikan lebih lanjut) tidak harus posisi tidur. Hipnosis diri sendiri bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan sambil ngapain saja.
 
Lutfi Habsyi:
“Yg perna sy denger, apakah dgn hypno ini bs membantu menyembuhkan pnyakit…? mohon pencerahannya ☺”
 
Jawaban : Pada dasarnya setiap metabolisme tubuh dikendalikan oleh pikiran. Coba perhatikan. ketika seseorang sedang nerveus disuruh pidato didepan orang banyak. Maka bisa saja tiba-tiba perutnya mules.
 
Nah…. Ini salah satu contoh bahwa pikiran mengendalikan kondisi tubuh.
 
Ada dua jenis penyakit pada manusia. Jika diibaratka manusia seperti komputer, diama terdapat hardware dan software. Maka penyakit pun juga dikelompokkan menjadi 2 hal ini.
 
Jika penyakit yang disebabkan oleh software, maka hipnosis bisa membantu.
Namun jika penyakit disebabkan oleh hardware, hipnosis hanya bisa mendukung saja.
Contoh penyakit yang disebabkan oleh software, masalah lambung, tekanan darah, masalah pencernaan, dll.
 
Bisa jadi, pangkal masalahnya adalah pada seseorang sedang menghadapi masalah (yang menurutnya masalah besar) yang sulit untuk diikhlaskannya. Maka kondisi software ini (pikiran) akan berdampak pada kondisi fisik.
 
Tya Tamira Putri :
Mohon maaf saya masih awam,jadi banyak kata2 yg kurang saya fahami..🙏
 
Saya sangat senang jika mbak Tya berkenan untuk kasih tahu saya, kata-kata mana yang belum dipahami. Sehingga saya bisa berusaha untuk membantu menjelaskannya…. 👌🏼
 
Solihin Fairus:
“Pak okta sya orangnya susah fokus dan susah konsentrasi setiap kali berusaha fokus pikiran malah kemana mna dan juga sya punya punya mental blok yang parah cz sya orangnya minder n gak PD adakah cara self hipnosis untuk saya?”
 
Ini nanti akan gamblang ketika saya uraikan “5 Langkah Menghipnosis Diri Sendiri”
 
Nanti jika setelah saya uraikan 5 langkah tersebut, mas Solihinfairus belum merasa terjawab, mohon ingatkan saya…. 🙏🏼
 
Yohan Wibisono:
“Apakah hipno bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit fisik? misal masalah jantung”
 
Jawaban : Begini pendapat saya.
Ibarat kita menghadapi komputer. Atau HP saja lah yang setiap orang disini pasti pakai.
Kalau nggak pakai HP, nggak bakal bisa ikut Kulwap…. 😁😁 (bercanda)
 
Ibarat HP. Ada 2 kemungkinan HP rusak.
1. karena jatuh (fisik)
2. karena salah instal aplikasi
 
Nah, masalah jantung (hardware), dan organ dalam yang lain, ada baiknya berkonsultasi dulu pada ahli hardware (dokter). Jika dari dokter dinyatakan normal, namun penyakitnya masih terasa, maka bisa jadi itu adalah masalah software.
 
Saya ada beberapa klien yang mengalami keluhan jantung, ada yang pencernakan, lambung, dll. YAng dimana dinyatakan normal oleh dokter.
 
Dan ketika berkonsultsi dengan saya, ditemukan masalahnya ada di software (pikiran). Disinilah peran hipnoterapi dan self hypnosis (hipnosis diri sendiri) diperlukan.
 
Tya Tamira Putri :
Seperti mental blok misalnya pak??
 
Jawaban : Mental block adalah pemikiran / keyakinan yang menghambat seseorang untuk melakukan sesuatu.
Contoh ; keyakinan bahwa makan malam diatas jam 19 akan membuat perut buncit.
 
Kalimat ini bisa mejadi mental block pada seseorang. Sehingga dia akan sangat menolak untuk makan diatas jam 19. Ketika dipaksa pun, biasanya akan terjadi reaksi fisik. Seperti mual, ingin muntah, dll.
 
Mental block ini bisa positif dan bisa negatif. Tergantung pada dampaknya. Jika mental block yang membuat seseorang menolak untuk makan malam, menolak untuk merokok, menolak untuk selingkuh. 😁 Ini namanya mental block positif.
 
Namun mental block juga bisa negatif. jika arahnya adalah untuk menurunkan produktifitas kehidupan. Misalnya : Keyakinan bahwa biacara di depan umum itu HARUS selalu benar. Maka keyakinan ini akan membuat seseorang takut untuk presentasi. 😊
Lutfi Habsyi:
“Untuk yg hardware sperti apa contohnya ☺🙏🏻”

Jawaban : Mungkin maksudanya penyakit dari hardware ya mas? Begini, misalnya patah tulang disebabkan karena jatuh. Ini masalahnya ada pada hardware. Hipnosis akan membantu mendukung penyembuhannya.Pada dasarnya patah tulang, bisa disembukan secara medis (hardware). Namun jika pasien menjadi depresi, ketakutan, stress, dll. Maka kondisi mental inilah yang akan menghambat penyembuhannya. Baik metabolisme tubuh tidak bisa bekerja maksimal, ataupun dokter/perawat kesulitan untuk memberikan penanganan.

Baiklah, selanjutnya saya akan semakin masuk kita berbicara tentang hipnosis dan Hipnosis Diri Sendiri. Namun jika dalam perjalanan ada pertanyaan atau pernyataan, monggo ayo kita diskusikan. 👍🏼

Sebelum kita lebih jauh terhanyut dalam diskusi yang inspiratif ini, ada baiknya kita menyamakan persepsi dulu tentang apa itu “hipnosis”. Salah satu pemahaman tentang hipnosis adalah : metode berkomunikasi dengan sistem pikiran bawah sadar. Dimana pikiran bawah sadar adalah sebuah sistem pikiran yang menyimpan berbagai informasi yang tidak disadari, berbagai keyakinan hidup, hingga yang mengendalikan perilaku yang dilakukan secara spontan atau tanpa analisa.

Hipnosis ini murni ilmiah dan alami. Tidak ada sangkut pautnya dengan jin, energi ghaib, ataupun kuasa gelap. Bisa dipelajari siapa saja dengan mengikuti kurikulum studi tertentu. Jika manusia diibaratkan komputer. Dimana terdapat hardware dan software, hipnosis ini adalah ilmu informatika yang merekayasa software sehigga komputer bisa bekerja sesuai yang diharapkan.

Jadi jika kita berbincang dalam konteks Mensugesti Diri Sendiri, maka yang kita bicarakan adalah bagaimana cara menginstal pikiran ini, dengan software yang baik, sehingga bisa mengantaran pikiran, hati, dan tubuh untuk bergerak menuju kebahagiaan yang diharapkan.

Terdapat 5 langkah untuk melakukan Hipnosis pada diri sendiri :
1. Tentukan tujuannya
2. Kenali kondisi sekarang Anda
3. Dapatkan banyak informasi dan pergaulan yang mengantarkan Anda pada tujuan Anda
4. Temukan kalimat-kalimat sugestif yang cocok untuk Anda
5. Lakukan berulang-ulang

 

 

1. Tentukan tujuan

Salah satu hukum pikiran adalah, dia bekerja “mendekati kesenangan” dan “menghindari kesengsaraan”. Jadi untuk membuat pikiran bekerja harus ditemukan dulu apa keuntungan yang menjadi tujuan dilakukannya suatu perilaku.

Tujuan ini harus memenuhi tiga aspek :
1. Bisa dibayangkan
2. Bisa dirasakan
3. Bisa dikatakan

Jika suatu tujuan tidak memenuhi tiga aspek ini, maka pikiran akan lebih sulit untuk memberikan respon.

Contoh: Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan. Maka yang harus ditentukan dulu adalah, mengapa Anda harus menurunkan berat badan ? Apa keuntungan yang Anda dapatkan jika Anda berhasil menurunkan berat badan?

Ketika tujuan menurunkan berat badan tersebut bisa mudah dibayangkan, dirasakan dan dikatakan. Misalnya : “Saya harus menurunkan berat badan karena saya selalu dibuly berkaitan dengan berat badan saya. Sakit rasanya hati ini. Saya ingin berat badan saya ideal, 65 kg. Sehingga saya juga bisa lebih mudah menggunakan baju-baju yang kekinian”.

Catatannya :
+ Di Buly, sakit hati (dia merasakan kesengsaraan yang harus dihindari).
+ 65kg, (bisa dikatakan dan jelas mudah dibayangkan)
+ Mudah menggunakan baju kekinian (bisa dirasakan kesenangan yang ingin diwujudkan)

 

2. Kenali kondisi Anda sekarang

Langkah kedua ini sangat penting untuk mengetahui titik awal perjalanannya. Sebagai contoh diatas, ketika seseorang ingin menurunkan berat badan hingga 65 kg. Akan berbeda prosesnya jika seseorang yang kondisi awalnya adalah 95 kg dengan yang kondisi awalnya 70 kg.

Seringkali seseorang gagal menanamkan sugesti positif (gagal menghipnosis diri sendiri) gara-gara logikanya sendiri menolak, atau meragukan keberhasilannya. Misalnya “Mana bisa aku yang berat 95 kg turun jadi 65 kg. Kalau turun jadi 90 kg bisa lah.”

Sampai 2 langkah ini dulu, adakah teman-teman yang tertarik untuk bertanya atau memberikan pernyataan ??? 😊😊

3. Dapatkan banyak informasi dan pergaulan yang mengantarkan Anda pada tujuan Anda

Sekali lagi, ibarat komputer. Pikiran juga terdiri dari folder-folder data. Nah, jika file-file dalam folder pikiran Anda tidak selaras dengan tujuan hidup yang Anda ingin Anda sugestikan, maka hipnosis diri sendiri pun akan sulit terjadi.

Misalnya:
Anda ingin menghipnosis diri Anda agar Anda bisa menjadi orang kaya, dengan penghasilan Rp 200 juta per bulan. Namun Anda belum pernah tahu uang 200 juta seberapa, atau Anda juga belum pernah bertemu langsung orang yang penghasilannya Rp 200 juta per bulan. Maka mental Anda akan menolak sugesti Anda.

Oleh sebab itu, pada langkah ke-3 ini, Anda harus memperbanyak informasi dan pergaulan yang mendukung perwujudan tujuan Anda. Jika Anda ingin punya penghasilan Rp 200 juta per bulan, maka bergaulah dengan orang-orang yang penghasilannya Rp 200 juta per bulan. Atau jika Anda belum menemuka orang seperti itu, setidaknya Anda berteman dengan orang-orang yang penghasilannya lebih tinggi dari Anda.

Disamping pula, Anda harus mengkonsumsi informasi-informasi yang mendukung tujuan Anda.

 

4. Temukan kalimat-kalimat sugestif yang cocok untuk Anda

Kalimat sugestif, adalah pesan yang ingin Anda masukkan dalam pikiran. Ibarat software yang ingin Anda install kedalam pikiran Anda.

Setiap orang akan nyaman dengan kalimat-kalimat tertentu. Tidak bisa disama ratakan. Namun setidaknya, ada beberapa rambu yang harus dipatuhi untuk memberikan kalimat sugestif.
Rambu-rambu itu adalah :
1. Kalimatnya sederhana.
2. Harus kalimat positif (hindari menggunakan kata JANGAN, DILARANG, TIDAK BOLEH)
3. Mudah dibayangkan
4. Ketika Anda membayangkan, terasa ada emosinya.

 

 

5. Lakukan berulang-ulang

Salah satu sifat pikiran bawah sadar adalah “Informasi yang disampaikan berulang-ulang, akan tertanam dalam pada pikiran bawah sadar”

Jadi, agar sugesti Anda bisa merubah pikiran Anda, adalah dengan memberikan ataupun mengucapkan berulang-ulang kalimat sugestif yang sudah Anda temukan. Semakin kalimat itu diulang, maka lambat laun akan menjadi sistem otomatis dalam pikiran.

Sampai sini dulu teman-teman…. 🤩

Saya persilahkan jika ada yang berkenan bertanya atau menyampaikan pernyataan…. 👍🏼👍🏼

Solihin Fairus :
“Kalo untuk self hipnosis apakah bisa menyembuhkan psikosomatis juga pak?”

Jawaban : Psikosomatis adalah penyakit fisik yang disebabkan oleh kondisi psikis.
Dengan kata lain, kerusakan hardware yang disebabkan oleh software.

Jadi jawabanya adalah self hipnosis bisa menyembuhkan psikosomatis. Malah self hipnosis ini (hipnosis diri sendiri) adalah dasar dari terbentuknya taraf kehidupan seseorang.

Solihin Fairus :
“Cara yang gampang dan tahapan melakukan self hipnosis untuk pemula gmn pak Okta?”

Jawaban : Berkaitan dengan meningatkan PD. Seperti ditanyakan Mas Solihin Fairus sebelumnya. 

Begini :
Orang yang PD adalah orang yang fokus pada kelebihan dirinya, dan menghormati kelebihan dan kekurangan orang lain. Orang minder (tidak PD) adalah orang yang fokus pada kekurangan dirinya, dan fokus pada kelebihan orang lain. Orang sombong adalah orang yang fokus pada kelebihan diri sendir dan fokus pada kekurangan orang lain. Orang yang nggak PD, dia punya keyakinan yang besar akan kekurangan dirinya.

Jadi langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Tentukan dulu keuntungan apa yang akan Anda dapatkan ketika menjadi PD.
2. Kenali kelebihan-kelebihan yang Anda miliki. Coba sadari apa saja kelebihannya. Sekecil apapun coba dikenali.
Kemudian akui bahwa Anda memiliki kelebiihan tersebut. Selanjutnya syukuri bahwa kelebihan ANda ini belum tentu dimiliki setiap orang.
3. Temukan pergaulan nyata, yang membuat Anda diakui. Misalnya dalam komunitas hobby, dll.
4. Selalu katakan pada diri Anda bahwa Anda adalah orang yang hebat. Memiliki keunggulan yang belum tentu dimiliki orang lain. Bisa juga gunaka teknik “Balapan di track yang berbeda” (nanti saya jelaskan)
5. Lakukan langkah 1-4 berulang-ulang.

Tya : “Apakah kata ini bisa di kategorikan dari point ke 4 pak? “Ingin lepas dari beban fikiran saat ini?

Jawaban : Bisa iya. Namun ada baiknya kalimatnya lebih difokuskan pada tujuan. 
Bukan “Aku ingin keluar dari sini…. “, namun “Aku ingin ke ……..”.
Bukan “Aku ingin lepas dari kemiskinan ini”. Lebih baik “Aku ingin punya penghasilan 50 juta per hari”
Misalnya begitu, kalau sehari penghasilan 50 juta, maka otomatis akan lepas dari kemiskinian.

Masih tersisa 12 menit. Saya coba kembali pada cara meningkatkan PD dengan teknik “Balapan di track yang berbeda”

Begini :

Misalnya Anda balapan motor dengan Valentino Rossi.
Kira-kira yang bakalan menang siapa ??

Pasti terpikir Rossi kan ??

Itu betul. Jika balapannya di sirkuit nya dia.
Coba Anda ajak Rossi balapan di jalanan kampung dekat rumah Anda.
Dimana mungkin ada jalan berlubang, ada speed reduction (polisi tidur), ada becak nyelonong, ada kucing nyeberang, dll.
Kira-kira menang siapa ?
Pasti menang Anda kan ??

Jika dalam mental Anda, Anda balapan di track nya orang yang lebih jago dari Anda. Misalnya Anda berhadapan dengan saya. Dimana saya adalah motivator nasional. Saya telah bicara dihadapan puluhan ribu orang di berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan Anda lingkupnya hanya di kantor Anda, atau kampus Anda.

Dalam hal ini Anda balapan di track saya, sebagai public speaker. Maka Anda akan kalah.

Coba dalam pikiran Anda, Anda mengajak saya balapan di track Anda. Track Anda adalah keunggulan yang Anda miliki. Sekecil apapun keunggulan Anda. Coba kenali, akui, dan syukuri. Selanjutnya ajak saya (dalam pikiran Anda) balapan di track Anda.

Misalnya Anda menemukan keunggulan Anda adalah “mencuci motor”. Dan ternyata tidak semua orang bisa mencuci motor sebersih yang Anda lakukan.

Maka, katakan dalam diri Anda. bahwa “Sehebat-hebatnya mas Okta memotivasi puluhan ribu orang. Namun mas Okta kalah hebat dengan saya dalam hal mencuci motor”. Jadi disini Anda lebih hebat dari saya.

Teknik ini boleh Anda latih setiap saat. Seingga Anda jadi terbiasa. Anda coba lakukan pada lebih bayak orang yang pernah membuat Anda minder. Maka semakin sering Anda lakukan hal ini, maka semakin Anda menjadi percaya diri.

Demikian KulWap saya kali ini.
Semoga bermanfaat…. 🙏🏼

Mohon maaf atas segala kekurangan saya 🙏🏼🙏🏼

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh….

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera