5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar

motivasi belajar, hipnoterapi surabaya, klinik hipnoterapi

Motivasi Belajar merupakan energi yang luar biasa dalam diri seseorang untuk memunculkan perilaku belajar. Sebagian orang menganggap “belajar” hanya aktivitas yang pantas untuk dilakukan oleh siswa sekolah dan mahasiswa saja.

Atau terkadang orang mempersepsi belajar adalah sekedar aktivitas membaca buku-buku pelajaran, yang semakin tebal semakin baik. Atau juga merupakan interaksi dengan guru atau dosen di dalam ruangan kelas.

Jika dalam konteks pendidikan formal, memang bisa secara awam dipahami seperti diatas. Namun jika ingin memahami secara substansial, maka pemahaman diatas adalah pemahaman yang sempit.

Motivasi Belajar hendaknya selalu diupayakan untuk stabil dari waktu ke waktu. Baik untuk pelajar, maupun untuk professional. Motivasi Belajar yang tinggi akan membawa Anda untuk selalu bersemangat mencari, mendapatkan dan menerima berbagai informasi yang akan menambah wawasan Anda.

Semakin Anda banyak belajar, maka secara otomatis pola hidup Anda akan berubah semakin baik. Karena otak Anda memiliki banyak sekali referensi, hasil dari proses belajar, yang akan membawa Anda mencapai kehidupan yang lebih baik.

Motivasi Belajar sering juga menjadi masalah, khususnya ketika sedang “drop”. Para orang tua akan melakukan segala upaya, agar putra-putrinya yang sedang menyandang status pelajar bisa kembali meningkat Motivasi Belajarnya. Sama juga dengan para professional. Ketika Motivasi Belajarnya menurun, bisa jadi hidupnya mengalami stagnasi.

Ciri-ciri seseorang yang Motivasi Belajarnya sedang menurun adalah :

1) Malas melakukan aktivitas yang berkaitan dengan belajar sesuatu yang seharusnya dipelajari.
2) Stagnasi kehidupan.
3) Lebih memilih aktivitas diluar target belajar.

Motivasi Belajar sebagai salah satu aplikasi software dalam pikiran, memiliki cara kerja yang unik. Jika seseorang telah memahami karakteristik software Motivasi Belajar, maka bisa jadi ia akan mudah menjaga dan meningkatkan Motivasi Belajarnya.

gaya-belajar bBerikut ini adalah 5 Tips Meningkatkan Motivasi Belajar :

1). Temukan hubungan antara materi belajar dengan hal-hal yang disenangi. Misalnya belajar menaklukkan soal-soal matematika adalah sama halnya dg menaklukkan musuh pada game on-line.
2). Temukan manfaat dari belajar sesuatu. Misalnya belajar fisika agar bisa jadi sound engineer (soundman pada proses audio recording dan mixing) professional.
3). Ciptakan suasana yang menyenangkan ketika belajar. Misalnya menulis naskah buku di café, sambil ditemani segelas chocolate.
4). Ciptakan hadiah yang menyenangkan setelah proses belajar selesai. Misalnya jalan-jalan ke mall setelah berlatih karate.
5). Cari figure yang sama dengan kondisi Anda sekarang. Misalnya jika Anda seorang pebisnis bidang IT, Anda bisa belajar dari kisah perjalanan hidup Steve Jobs.

Semoga Anda selalu termotivasi untuk semangat dalam belajar.

LIKE & SHARE yaa!!

About Media Sugesti

Media Sugesti adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi kepribadian, hipnoterapi dan motivasi. Berlaku untuk anak-anak hingga dewasa. Media Sugesti didukung oleh para ahli dengan latar belakang pendidikan psikologi dan hipnoterapi. Sehingga layanan yang diberikan semakin maksimal untuk membantu Anda mencapai kehidupan yang lebih bahagia dan sukses luar biasa. Alamat: Jl.Gubeng Kertajaya 7c No.56 - Surabaya - Jawa Timur - Indonesia 031-31224499 Buka setiap hari Senin-Sabtu - Jam 10:00-17:00 Setiap konsultasi dan terapi harus melalui perjanjian lebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera