6 Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan Seorang Perempuan Terhadap Kotoran Tikus

Bagi Anda yang dalam kondisi baik-baik saja akan merasa biasa terhadap kotoran tikus, apabila Anda melihatnya, yang Anda lakukanlah ialah membersihkannya. Hal yang sangat wajar sekali, layaknya kotoran-kotoran lainnya. Akan tetapi berbeda dengan perasaan yang dialami oleh klien kami ini, dia merasa sangat tidak nyaman.

 

Sore itu datang ke tempat Hipnoterapi kami sepasang suami istri. Tanpa menghubungi atau membuat jadwal terlebih dahulu mereka langsung datang, untung saja pas jadwal kami kosong. Ketika mereka mengetuk pintu dan saya membukanya, saya melihat raut wajah sang istri dan saya menduga dia tengah mengalami kondisi yang sulit (kecemasan berlebihan). Raut wajahnya terlihat muram dan seakan sedang memikul beban yang begitu berat hingga tak ada senyum sedikit pun.

 

Saya mempersilahkan masuk dan menanyakan maksud serta tujuan datang ke tempat kami. Sang suami memulai menjelaskan maksud dan tujuan datang ke tempat kami, dia menceritakan kondisi yang sedang dialami istrinya. Kurang lebih sejak 4 bulan yang lalu, istrinya merasakan ketakutan terhadap kotoran, terutamanya kotoran tikus. Apabila dia melihat kotoran tikus yang muncul adalah rasa takut dan cemas, dia membersihkan kotoran tersebut berulangkali walaupun tempat tersebut sudah tidak ada kotoran tikusnya.

 

Dia cuci tangan bolak balik, karena dia merasa ditangannya masih ada kotoran yang menempel. Awal-awalnya dahulu tidak begitu parah, lambat laun kondisi tersebut semakin parah dan membuatnya sangat tidak nyaman. Sang istri pun mengiyakan kondisi tersebut. Lalu dia pun mulai membuka obrolan. Dia bercerita, beberapa bulan sebelum mengalami kondisi ini, anaknya mengalami sakit yang disebabkan oleh sebuah virus, hingga membutuhkan perawatan yang cukup lama hingga akhirnya sembuh.

 

Dari kejadian tersebut, dia berpikir dan meyakini bahwa sakit yang diderita anaknya adalah disebabkan oleh kotoran tikus. Jangan sampai kejadian tersebut terulang kembali pada anaknya atau pada dirinya suaminya. Sehingga jangan sampai ada kotoran tikus dirumahnya. Ketika ada kotoran tikus, harus dibersihkan sebersih-bersihnya, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal. Dia juga berkeyakinan bahwa tempat yang pernah ada kotoran tikusnya jangan digunakan lagi, karena disitu masih ada sisa kotoran pembawa virus. Kondisi tersebut sudah sangat sangat mengganggu, dia sudah bosan, ingin segera mengakhiri kondisi ini. Dia seorang ibu rumah tangga, sehingga ketika urusan rumah dan anak selesai, banyak waktu longgar yang seringkali digunakan untuk merenung.

 

Apakah Anda pernah mengalami kondisi seperti ini? Ketika Anda mengalami kondisi kecemasan berlebihan seperti yang dialami klien kami tersebut, Anda bisa melakukan tips berikut ini.

6 Cara mengatasi kecemasan berlebihan terhadap kotoran tikus adalah sebagai berikut ;

  1. Mengamati, mengenali serta menggali penyebab kecemasan.

Kondisi Anda saat ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Cara pandang atau sudut pandang serta tindakan dalam menyikapi  berbagai peristiwa kehidupan yang pernah Anda lalui, menjadikan Anda dalam kondisi saat ini. Dengan mengetahui akar masalah yang menjadi penyebab kecemasan, membantu Anda untuk menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. (Apabila Anda merasa kesulitan untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa datang ke Klinik Hipnoterapi terdekat).

 

  1. Melakukan kegiatan yang Anda sukai.

Salah satu karakteristik pikiran ialah ketika pikiran fokus terhadap sesuatu maka hal lainnya akan terabaikan. Suatu contoh, ketika Anda sedang asyik menonton film favorit Anda, Anda lupa bahwa Anda belum makan. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai, muncul kebahagiaan dalam hati dan pikiran Anda. Hal tersebut akan menjadi tantangan bagi Anda yang sedang mengalami kecemasan berlebihan, akan tetapi Anda akan memperjuangkannya karena Anda ingin terbebas dari kecemasan berlebihan tersebut dan hidup lebih bahagia, damai bersama keluarga. Ketika Anda gagal, Anda akan mencobanya kembali hingga berhasil meraih kebahagiaan tersebut. Anda bisa memulai dengan melakukan hobby Anda, yang penting Anda bisa mengalihkan perhatian pikiran Anda dari kecemasan.

 

  1. Membiasakan diri untuk berpikiran positif.

Mudah berpikiran negatif atau mudah untuk berprasangka buruk terhadap sesuatu, cenderung akan lebih mudah membuat Anda merasa cemas, resah serta gelisah. Dengan Anda membiasakan diri untuk berpikiran positif, akan dapat menghindarkan Anda dari segala kecemasan dalam pikiran Anda.

 

  1. Pasrah dan mensyukuri segala yang terjadi dalam hidup Anda.

Pasrah dan bersyukur merupakan dua kata yang mudah Anda ungkapkan, tapi terkadang Anda sulit dalam mengaplikasikan atau mengamalkannya. Ketika Anda dapat mengaplikasikannya dengan benar, maka Anda akan terhindar dari rasa cemas. Apa yang terjadi dalam kehidupan Anda, sudah ada yang mengatur.

 

  1. Stop menikmati sajian yang dapat menimbulkan kecemasan.

Informasi yang Anda terima dapat mempengaruhi mood dan perasaan Anda. Informasi bisa datang dari acara televisi yang Anda lihat, video youtube yang Anda saksikan, artikel atau buku yang Anda baca, bisa juga dari sosial media dan lain sebagainya. Ada baiknya apabila Anda menyaksikan film-film atau video yang lucu-lucu, yang membantu memuncul kebahagiaan dalam diri Anda.

 

  1. Melakukan konsultasi Hipnoterapi.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mengatasi kecemasan berlebihan yang Anda rasakan secara mandiri. Anda bisa melakukan konsultasi hipnoterapi. Hipnoterapi efektif membantu mengatasi kecemasan, stres, psikosomatis serta problem psikis lainnya. Hipnoterapi tidak menimbulkan efek samping ataupun ketergantungan, karena tanpa menggunakan obat-obatan.

 

Itulah 6 Cara Mengatasi Kecemasan Berlebihan, yang mana dalam artikel kali ini contoh kasusnya ialah mengatasi kecemasan berlebihan terhadap kotoran tikus yang dialami oleh seorang ibu rumah tangga dengan memiliki seorang anak usia 15 bulan.

 

Semoga Bermanfaat.

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera