9 Dampak Setelah Melakukan “Me Time”

“Me Time” adalah kalimat sederhana yang sering digunakan di masa sekarang. Yang pada intinya digunakan sebagai ungkapan tetang kegiatan yang dilakukan oleh diri sendiri. Apakah untuk bersenang-senang, menjalankan hoby, mendekatkan diri pada Tuhan, atau apapun saja. Yang intinya melakukan kegiatan yang sesuai dengan kesenangannya tanpa terganggu.

Pada dasarnya “Me Time” adalah sebuah upaya untuk menyeimbangkan kondisi psikologis seseorang ketika dalam keseharian melakukan aktivitas yang bukan merupakan kesenangan aslinya.

Dalam kehidupan masa sekarang dimana terjadi kompetisi yang sangat ketat. Ketika setiap orang dituntut untuk bertahan hidup dengan berbagai upayanya masing-masing. Setiap orang bekerja dengan tujuan bisa mendapatkan penghasilan yang layak. Meskipun seringkali tidak sesuai dengan kesenangan pribadinya.

Ketika seseorang lebih sering melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan kepribadiannya, maka seiring waktu orang tersebut seperti kehilangan kepribadiannya. Bentuk piknik, wisata, atau bersenang-senang model apapun juga, jika tidak selaras dengan kepribadiannya, maka tidak akan memberikan kesegaran pada hati dan pikirannya.

“Me Time” adalah aktivitas yang selaras dengan kepribadian atau selera kesenangan seseorang tanpa terganggu apapun. Ketika seseorang telah melakukan “me time”, maka dia menjadi segar pikiran dan hatinya. Solusi mudah muncul dalam setiap tantangan kehidupannya. Stress hilang, dan kebahagiaan muncul dengan sendirinya.

Namun jika seseorang melakukan aktivitas bersenang-senang namun tidak selaras dengan kepribadiannya. Meskipun dia mengira aktivitas itu adalah “me Time” nya. Maka kebahagiaan masih sulit muncul. Jika Anda mengalami demikian. Coba Anda renungkan kembali. Bisa jadi aktivitas tersebut buka “me time” Anda. Dan Anda perlu untuk menemukan kembali “me time” Anda.

“Me time” pada prinsipnya adalah melakukan aktivitas yang selaras dengan kepribadiannya. Tanpa terganggu oleh apapun juga. Meski demikian, “me time” bisa berupa aktivitas sederhana, yang berkaitan dengan value atau memory tentang hal yang menyenangkan di masa kecil. Sehingga seringkali ditemukan “me time” adalah aktivtas yang sederhana dan murah, dan pada sebagian orang terkesan konyol. Namun memberikan dampak kesegaran pikiran dan hati yang luar biasa. Setiap orang memiliki “me time” nya masing-masing. Diantaranya adalah : tidur seharian, memancing, nongkrong di warung, perawatan kecantikan, sholat / berdoa, joging, makan bakso, dan lain sebagainya. Yang initnya melakukan kegiatan yang menyenangkan, selaras dengan kepribadian, dan tanpa diganggu.

Gejala kurang “me time” :

  1. Gelisah.
  2. Kurang konsentrasi.
  3. Mudah marah.
  4. Mudah lelah.
  5. Tiba-tiba malas.
  6. Putus asa.
  7. Merasa hidup kurang bermakna.
  8. Galau berkepangan.
  9. Kemampuan problem solving menurung.

Jadi, ketika muncul gejala-gejala yang kurang lebih seperti tersebut diatas. Maka ada baiknya Anda secepatnya melakukan “me time”.

Macam-macam “me time” diantaranya adalah :

  1. Tidur seharian.
  2. Makan makanan faforit.
  3. Memancing.
  4. Bengong / merenung di tempat favorit.
  5. Bernyanyi sesuka hati.
  6. Berdoa / berdzikir.
  7. Modifikasi kendaraan.
  8. Berkendara sendiri.
  9. Nonton film.
  10. Main alat musik.
  11. Dan masih banyak lagi bentuk “me time” yang bisa Anda pilih asalkan memberikan dampak seperti dibawah ini…

9 Dampak setelah melakukan “me time” :

  1. Lega.
  2. Fresh.
  3. Bersemangat.
  4. Inspirasi / ide / gagasan mudah muncul.
  5. Bahagia.
  6. Mudah tersenyum.
  7. Mudah berkonsentrasi.
  8. Mudah berfikir positif.
  9. Hidup terasa indah.

Jadi, ketika Anda merasa telah melakukan “me time” namun tidak memberikan dampak seperti tersebut diatas, maka bisa jadi itu bukan “me time” Anda yang sebenarnya. Mungkin Anda terpaksa melakukannya, atau Anda ikut-ikutan orang lain untuk melakukan aktivitas tersebut, yang Anda pikir adalah “me time”.

Semoga Anda telah menemukan “me time” Anda, dan secara rutin Anda melakukannya, sehingga kebahagiaan dan kesegaran hati, pikiran, dan tubuh Anda selalu terjaga.

 

+Oktastika+

 

☺ ☺ ☺ ☺ ☺

Appoinment konsultasi motivasi dan hipnoterapi bersama “Oktastika” :

WA 085105224499

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera