Trik berkenalan dengan orang baruBerkenalan dengan orang baru merupakan kebutuhan pokok kehidupan sosial saat ini. Dengan berkenalan dengan orang baru, maka akan memperlebar jaringan atau networking. Atau dengan perspektif yang lain menambah saudara, atau memperluas tali silaturahim.

Setiap orang menyadari pentingnya memiliki koneksi yang banyak. Hal ini akan bisa terwujud diawali dengan berkenalan dengan orang baru.

Meski demikian, banyak orang mengeluh kesulitan memulai pembicaraan dengan orang baru. Berikut ini adalah langkah-langkah yang mudah dilakukan untuk memulai pembicaraan dengan orang baru.

9 Langkah berkenalan dengan orang baru :

  1. Lakukan secara wajar di tempat umum pada orang-orang yang Anda temui. Misalnya orang yang duduk di sebelah Anda di bis, angkot, ruang tunggu dokter, dll.
  2. Lakukan pendekatan fisik. Paling dekat 2-5 cm, sesuai kondisi.
  3. Bersikap tenang dan wajar. Jika muncul keraguan, ambil nafas panjang dan hembuskan.
  4. Tanyakan atau bahas hal-hal umum yang sesuai dengan kondisi setempat. Misalnya : “Mbaknya mau turun dimana ?”, “Antrinya lama banget ya. Adik mau nonton film apa ?”, “Ibu sakit apa ?  Sejak kapan?”.
  5. Lanjutkan pembicaraan dengan cara yang sama.
  6. Ubahlah tema pembicaraan jika Anda atau lawan bicara Anda mengalami kebosanan.
  7. Lakukan komunikasi dengan wajar, ramah, dan penuh empati. Kesankan bahwa Anda adalah orang yang aman dan menyenangkan.
  8. Hindari untuk berkenalan nama di awal pembicaraan. Ngobrolah hingga menemukan tema yang sangat menarik untuk Anda dan lawan bicara Anda. Perkenalan nama dan saling bertukan nomor telepon bisa terjadi dengan indah ketika Anda dan lawan bicara Anda sudah klik.
  9. STOP upaya perkenalan Anda jika lawan bicara Anda sedang tergesa-gesa, mengantuk, ada hal yang sedang dikerjakan, atau merasa terancam/ketakutan.

Selamat menambah teman dan sahabat baru….

LIKE & SHARE guys 😀

*Nirma