Semangat Hidup atau sering juga disebut dengan Motivasi Hidup, bagaikan BBM pada kendaraan bermotor. Jika sebuah mobil yang baik memiliki BBM yang cukup serta kualitas yang baik, maka bisa dipastikan mobil akan meluncur dengan kencang.
Namun sebaliknya, jika BBM mobil tersebut kosong, maka mobil tersebut akan mogok. Termasuk jika BBM mobil tersebut memiliki kualitas yang buruk. Pasti mobil tersebut akan mogok juga.
Hal yang sama terjadi pada manusia. Ketika seseorang kehilangan semangat hidup. Atau memiliki semangat hidup dengan kualitas yang buruk. Maka ia akan mudah mengalami “mogok” dalam menjalani kehidupan…
Ciri utama orang yang kehilangan semangat hidup :
1. Malas melakukan aktivitas.
2. Jika melakukan aktivitas, maka hanya untuk sekedar menggugurkan kewajiban saja.
Cara Meningkatkan Semangat Hidup :
1. Sadari alasan yang paling kuat mengapa Anda harus bertahan hidup.
2. Atau bisa juga coba sadari hal apa yang sedang Anda perjuangkan (impian) dalam hidup Anda.
3. Atau bisa coba ingat orang-orang yang sangat berarti bagi Anda, dan Anda ingin dia memiliki persepsi positif tentang Anda.
4. Hal-hal tersebut harus berasal dari hati Anda sendiri. Cirinya adalah, ketika Anda mengingat atau membayangkan hal-hal tersebut, maka Anda merasakan emosi yang besar. Mungin sedih, mungkin bersemangat, atau bahkan marah. Dalam buku saya “Terapi Pikiran Bahagia”, hal tersebut saya istilahkan dengan wortel.
5. Fokuskan perhatian Anda hanya alasan hidup atau hal yang Anda perjuangkan untuk hidup.
6. Bertindaklah sekarang juga untuk mewujudkan impian. Lakukan demi orang terkasih Anda. Jika Anda terlambat bertindak, maka orang terkasih Anda akan lebih sengsara dari Anda saat ini.
7. Apapu hasil akhir usaha Anda. Ikhlaskan bahwa Tuhan-lah yang maha bijaksana, pengasih dan penyayang, yang akan menghadiahkan keajaiban pada Anda.
Semoga bermanfaat.
-Oktastika-