Emosi dan Cara Mengendalikannya

Menurut Anda, apakah yang dimaksud dengan emosi? Mungkin sebagian orang mengartikan emosi adalah rasa marah terhadap sesuatu. Misalnya Anda diejek teman Anda, pasti akan muncul rasa marah, ingin mebalasnya, dll. Sebelum berbicara lanjut tentang rasa marah ataupun emosi lainnya, berikut penjelasan singkat tentang emosi.

Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang ataupun takut terhadap sesuatu.

Setelah Anda mengetahui definisi emosi, tentunya Anda sudah mulai berpikir lagi. Berarti emosi itu tidak hanya rasa marah yaa? Iya, benar sekali. Emosi tidak serta merta hanya rasa marah yang mungkin sering Anda alami ketika Anda mendapat perlakuan tidak menyenangkan atau alasan lainnya yang memicu rasa marah tersebut.

Macam-macam emosi…

Beberapa macam emosi yang dikemukakan oleh Daniel Goleman, yaitu :

a). Amarah : beringas, mengamuk, benci, jengkel, kesal hati

b). Malu : malu hati, kesal

c). Jengkel : hina, jijik, muak, mual, tidak suka

d). Terkejut : terkesiap, terkejut

e). Cinta : penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat dan kemesraan

f). Kesedihan : pedih, sedih, muram, suram, melankolis (tipe orang yang serius & tertutup), mengasihi diri, putus asa

g). Rasa takut : cemas, gugup, khawatir, was was, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri

h). Kenikmatan : bahagia, gembira, riang, puas, senang, terhibur, bangga.

 

Tidak bisa dibayangkan jika manusia dibumi ini terlahir tanpa emosi. Tidak bisa merasakan bahagia, sedih, senang, kecewa, dll. Bersyukur sekali Allah menciptakan sedemikian sempurnanya manusia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

Akibat emosi yang tidak terkontrol atau terkelola.

 

Bagaimana jika emosi tidak terkontrol atau terkelola? Misalkan emosi marah, seseorang akan melakukan hal apa saja untuk melampiaskan kemarahannya tersebut. Sering Anda jumpai diacara berita yang ada di TV, misalnya “Si A tega membunuh Si B dengan sadis, karena ketahuan selingkuh dengan istrinya.” Kemarahan muncul karena seseorang yang dicintai ketahuan selingkuh, hal ini sangat wajar sekali jika menimbulkan kemarahan, mungkin Anda bisa saja melakukan hal yang sama jika menemukan problem seperti ini.

 

Suatu contoh lagi, emosi malu. Ketika Anda memiliki rasa malu yang berlebihan, akan banyak problem yang ditimbulkan. Misalnya, susah bergaul (sudah pasti ini akan terjadi jika Anda memiliki rasa malu yang berlebihan), sulit berkembang, menjadi sosok yang pendiam, dll.

 

Tips Cara Mengendalikan Emosi.

1. Perasaan – perasaan yang dialami seseorang umumnya bersumber dari pikiran.
Ketika seseorang berpikiran negatif perasaan orang tersebut cenderung menjadi negatif. Sebaliknya ketika seseorang berpikiran positif, perasaan orang tersebut cenderung positif. Jadi mengendalikan pikiran adalah langkah pertama untuk mengendalikan perasaan

 

2. Biasakanlah memberi kesempatan kepada pikiran untuk mengambil keputusan
Semakin seseorang mahir menyerahkan keputusan kepada pikiran, maka semakin sehat emosinya. Itu adalah kondisi ideal dimana akal yang mengendalikan perasaan, bukan perasaan yang mengendalikan akal.

 

3. Emosi negatif adalah sinyal bahwa ada yang tidak beres dalam diri seseorang.
Ketika suasana hati menjadi tidak nyaman, cobalah menerangkan dengan berdoa, menemui sahabat untuk berbagi perasaan (curhat), beristirahat, mendengarkan musik atau apa saja yang disukai.

 

4. Pertanyakanlah dengan kritis perasaan-perasaan negatif yang dirasakan.
Misalnya, apakah masalahnya terlalu berbahaya sehingga seseorang ketakutan? Atau apakah masalahnya begitu gawat sehingga seseorang harus marah besar?

 

5. Pertanyakanlah dengan tegas keyakinan-keyakinan yang salah.
Misalnya: siapa bilang kegagalan itu suatu kebodohan? Siapa bilang masalah yang kita hadapi tidak ada jalan keluarnya? Dan siapa bilang anda tidak mampu memaafkan?

 

6. Kendalikan reaksi anda terhadap situasi yang tidak menyenangkan.
Misalnya ketika ada yang menyalip motor dengan tiba-tiba, anda bisa memilih untuk marah atau memilih tetap tenang yang pertama bisa membuat anda jadi orang yang reaktif dan emosional, tapi yang kedua mengajarkan anda menguasai diri dengan baik.

 

7. Perasaan bukanlah masalah benar atau salah.
Manusiawi sekali-sekali memiliki perasaan takut, marah, sedih dan kecewa. Yang penting Anda tidak larut dalam perasaan-perasaan negatif itu dan tidak mengambil keputusan-keputusan penting di saat suasana hati sedang kacau.

 

8. Perasaan yang negatif dan suasana hati yang buruk bisa juga disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak sehat.
Anda bisa saja merasa “BETE” ketika, flu, stress, kurang tidur, capek dan sebagainya. Anda tidak perlu mencemaskan perasaan-perasaan yang tidak nyaman dan bersifat sementara tersebut, sering kalilah melakukan tindakan-tindakan sederhana yang bisa mengubah suasana hati.

 

9. Hidupkanlah perasaan-perasaan yang menyenangkan sesering mungkin termasuk untuk hal-hal yang Anda inginkan tercapai atau terjadi.

Misalnya: perasaan gembira ketika anak kita akan di wisuda ketika mendapatkan hadiah, ketika akan bertemu dengan seseorang yang dicintai atau dinanti, ini adalah salah satu cara mengerahkan emosi untuk membantu mewujudkan impian menjadi kenyataan.

 

10. Belajarlah mengucap syukur dalam segala keadaan.

Hati yang penuh dengan ucapan syukur akan membuat hidup lebih ringan, pikiran lebih jernih dan perasaan lebih nyaman. Sehingga mengendalikan perasaan bukan lagi beban yang berat.

#Emosi #caramengendalikanemosi #emosi_dan_cara_mengendalikannya

About Media Sugesti

Media Sugesti adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi kepribadian, hipnoterapi dan motivasi. Berlaku untuk anak-anak hingga dewasa. Media Sugesti didukung oleh para ahli dengan latar belakang pendidikan psikologi dan hipnoterapi. Sehingga layanan yang diberikan semakin maksimal untuk membantu Anda mencapai kehidupan yang lebih bahagia dan sukses luar biasa. PRODUK & LAYANAN : HIPNOTERAPI, KONSULTASI MOTIVASI, TEST PSIKOLOGI, TEST SIDIK JARI, TEST GRAPHOLOGY, PERSONALITY CHECK UP, STORY TELLER, NARASUMBER SEMINAR & TRAINING, CD HIPNOTERAPI MEDIA SUGESTI: Jl.Gubeng Kertajaya 7c No.56 - Surabaya - Jawa Timur - Indonesia 085105224499 Buka setiap hari Senin-Sabtu - Jam 10:00-17:00 Setiap konsultasi dan terapi harus melalui perjanjian lebih dulu.

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera