Apa yang muncul dalam benak atau pikiran Anda ketika membaca judul artikel ini? Kemarahan!! Tidak sedikit orang ketika membaca, mendengar kata “emosi“, yang muncul dalam pikiran adalah marah. (Emosi positif, emosi negatif)
 
Tidak jarang pula kata emosi digunakan sebagai pengganti kata marah. Contoh, “sabar bro, jangan emosi begitu!!.”
 
Sebenarnya “marah” merupakan salah satu bentuk emosi dari sekian banyak emosi yang dimiliki manusia. Sehingga Anda harus bisa membedakan antara emosi dengan jenis-jenis emosi manusia.

Emosi positif dan emosi negatif
Dikutip dari Wikipedia bahwa pengertian emosi sebagai berikut. Emosi adalah sesuatu perasaan intens yang ditunjukkan pada seseorang atau sesuatu.
 
Emosi merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada sesuatu atau takut terhadap sesuatu.
 
Emosi juga diartikan sebagai sebuah gejala psiko-fisiologis yang memunculkan efek. Efek terhadap persepsi, sikap ataupun tingkah laku dan dikeluarkan dalam bentuk ekspresi tertentu.
 

Pada umumnya, emosi terbagi menjadi dua (2) macam, yaitu emosi positif dan emosi negatif.

 
Emosi positif biasa digunakan untuk mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan yang menguntungkan. Sebagai contohnya ialah :
a). Bahagia,
b). Senang,
c). Ceria,
d). Damai,
e). Rasa syukur
f). Cinta,
h). Kasih sayang, dll.
emosi positif dan emosi negatif
Emosi negatif biasa digunakan untuk mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan yang merugikan. Sebagai contohnya antara lain :
a). Sedih,
b). Menangis,
c). Marah,
d). Kecewa,
e). Benci,
f). Muak,
g). Cemas, dll.
 
Suatu hari Anton dan Andi sedang liburan ke sebuah pantai yang indah. Anton dan Andi merupakan saudara kandung. Ditengah asyiknya bermain dibibir pantai, terdengar dering handphone (HP) dari dalam tas Andi. Andi pun mengambil HP tersebut, ternyata ada panggilan masuk dari ayahnya.
 
Melalui telepon tersebut, ayahnya mengabarkan bahwa ibunya jatuh sakit. Dalam perjalanan ke rumah sakit. Secara spontan Andi pun mengajak Anton untuk segera pulang. Ia khawatir dengan kondisi ibunya, takut akan terjadi sesuatu yang serius. Mereka pun segera mengendarai motornya untuk kembali pulang.
 
Dari cerita pendek diatas Anda bisa melihat beberapa emosi yang muncul. Antara lain senang, khawatir, takut, dan mungkin muncul emosi yang lain. Anda bisa membayangkan ketika dalam posisi Andi dan Anton,, kira-kira emosi apa yang akan muncul??
 

Emosi positif dan emosi negatif merupakan bagian dalam diri setiap individu. Anda bisa memaksimalkan atau meminimalisirnya. Suatu contoh emosi marah, emosi ini tidak menjadi sebuah masalah jika Anda meletakannya sesuai tempatnya. Artinya hanya kemarahan yang tidak terkontrol yang menjadi sebuah masalah.