https://i1.wp.com/upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3b/Franz_Anton_Mesmer.jpg/150px-Franz_Anton_Mesmer.jpg?resize=150%2C200

Franz Anton Mesmer memiliki nama asli Franciscus Antonius Mesmer, lahir pada 23 Mei 1734 di Iznang, Austria. Ia adalah lulusan ilmu kedokteran Universitas Wina. Ia lulus melalui tesisnya yang dalam bahasa Inggris disebut “The Influence of the Planets on Human Body”. Dalam tesis ini Mesmer mengulas tentang adanya cairan misterius yang berasal dari luar angkasa. Keseimbangan cairan-cairan tersebut akan menentukan kesehatan seseorang…

 

 

Franz Anton Mesmer kemudian menemukan bahwa cairan-cairan misterius tersebut bisa disetarakan dan dikendalikan dengan medan magnet. Sehingga Mesmer menciptakan magnet-magnet khusus sesuai anatomi tubuh untuk proses terapi.

Franz Anton Mesmer selanjutnya menyadari bahwa tubuhnya juga bisa memancarkan energi magnet. Kemudian bentuk terapinya dirubah, dari menggunakan lempengan magnet, diganti menggunakan energi magnet dari tubuh Mesmer.

Franz Anton Mesmer selanjutnya menuai ketenaran dalam praktik dokternya. Hingga ia mendapat pasien seorang wanita tunanetra yang berprofesi sebagai pianis yang cukup terkenal saat itu. Mesmer akhirnya berhasil membantu pasien tersebut untuk mendapatkan kembali pengelihatannya.

Franz Anton Mesmer kemudian menuai banyak kecaman akibat dari kecemburuan dari para dokter lainnya. Hingga dilakukan investigasi untuk meneliti metode penyembuhannya yang unik tersebut. Pada tahun 1784 raja Louis XVI membentuk komisi khusus untuk melakukan penyelidikan. Salah satu anggota komisi ini adalah Benjamin Franklin, duta besar Amerika untuk Prancis saat itu.

Franz Anton Mesmer kemudian terdeskriditkan oleh hasil investigasi komisi khusus tersebut. Hal ini membuat ia memutuskan untuk meninggalkan Paris menuju  Swiss hingga ia wafat pada 5 Maret 1815.

Franz Anton Mesmer, metode penyembuhannya hingga saat ini disebut dengan metode “Magnetisme” dan para pengikutnya disebut dengan metode “Mesmerisme”. Kemudian Mesmer juga diberi julukan sebagai “Bapak Hipnosis Modern”. Meskipun metodenya menggunakan magnet, namun proses penyembuhan yang sebenarnya adalah melalui membangun keyakinan akan kesembuhan pada diri pasien.{jcomments on}