Kali ini saya mengutip sebuah artikel dari https://oktastika.wordpress.com/2014/01/31/mengikhlaskan-kemarahan-masa-lalu/, yang membahas tentang tips atau cara untuk mengikhlaskan kemarahan masa lalu. Entah kemarahan terhadap peristiwa apapun dan kepada siapapun. Semangat membaca dan ambil manfaatnya.

Setelah sekian lama saya melakukan praktik hipnoterapi yang saya padukan dengan psikologi. Setelah banyak orang mencurahkan segala perasaan dan permasalahan yang sedang dihadapinya, secara pribadi kepada saya. Sekitar 85% permasalahan hidup yang dihadapi saat ini diebabkan oleh kemarahan di masa lalu. Khususnya ketika masa anak-anak.
Pertanyaannya adalah, apakah Anda pernah merasakan kemarahan ketika Anda masih anak-anak? Mungkin Anda marah melihat perilaku orang tua Anda, atau Anda merasa dicurangi orang tua Anda, atau Anda mendapati orang tua Anda melakukan perilaku yang negatif.
Yang pasti, saat kemarahan Anda pada masa anak-anak, Anda memahami norma kehidupan ini dari perspektif Anda sebagai anak-anak. Meskipun pengalaman kemarahan tersebut seiring waktu berjalan, Anda akan semakin memakluminya sebagai orang dewasa…
Kebanyakan orang beranggapan bahwa masa lalu biarlah berlalu. Kemarahan pada masa anak-anak, adalah masa lalu yang wajar. Namun pada kenyataannya, kemarahan di masa lalu yang belum terikhlaskan akan tetap hidup hingga masa sekarang. Dan selanjutnya menjadi sabotase diri sendiri (self sabotation).
Saya pernah memiliki klien berusia 51 tahun yang mengalami masalah komunikasi dengan keluarganya. Dan setelah saya membantunya kembali pada kehidupan di masa lalu, akhirnya kami temukan bahwa masalah keluarganya saat ini disebabkan oleh kemarahannya pada ayahnya saat dia kelas 1 SD.
Setelah saya bantu dia untuk memaafkan masa lalunya. Maka hidupnya menjadi lebih tenang, bahagia, dan keluarganya semakin bahagia.
Peristiwa tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Termasuk Anda dan keluarga Anda. Jadi ada baiknya Anda membekali diri dengan keterampilan hipnoterapi untuk membatu diri Anda sendiri dan keluarga Anda, untuk mecapai kehidupan yang lebih baik.