lapar

Pernahkah anda merasa ‘masih’ lapar meski sudah makan sepiring pasta, sekotak kentang goreng, dan minum segelas milkshake? Benarkah anda merasa lapar dan sungguh-sungguh ingin makan (lagi)..?

Sebelum memutuskan ingin makan apa saat ini, kenali rasa lapar anda dengan skala berikut ini.

  1. Starving : Artinya anda dalam kondisi kelaparan. Umumnya ditandai dengan kelelahan fisik seperti pusing, lemas, atau sakit maag.
  2. Extremely Hungry : Ditandai dengan berkurangnya konsentrasi dan mulai meningkatnya emosi terutama rasa marah.
  3. Very Hungry : Perut terasa keroncongan dan munculnya dorongan makan yang kuat.
  4. Hungry : Anda merasa sedikit lapar dan mulai berpikir tentang makanan.
  5. Neutral : Saat anda tidak merasa lapar juga tidak merasa kenyang. Di kondisi ini tubuh anda masih punya energi untuk beraktivitas.
  6. Comfortable : Anda merasa cukup.
  7. Full : Kondisi lebih dari cukup. Anda merasa telah makan berlebihan. Tubuh anda mulai mengatakan ‘tidak’ tapi pikiran anda berkata ‘ya’ untuk makan sedikit lagi.
  8. Uncomfortably Full : Saat anda mulai merasa sakit karena kekenyangan. Di kondisi ini anda masih bisa berpikir ‘Makanan ini terlalu enak bila tidak dihabiskan’.
  9. Very Umcomfortably Full : Anda merasa mual dan tidak nyaman karena terlalu kenyang. Saat seperti ini anda mulai melonggarkan ikat pinggang.
  10. Stuffed : Saat anda merasa sangat kenyang, tidak bisa bergerak, dan tidak ingin makan-makanan itu lagi.


Menurut Juli Triharto CHt, CI, ahli HypnoLangsing, anda tak boleh membiarkan tubuh dalam kondisi 1 dan 2. Selain mengganggu metabolisme juga membuat anda makin terobsesi dengan makanan. Makanlah saat kondisi 3 dan 4, berhenti di posisi 5. Bila anda ingin mempertahankan berat badan berhenti makan di posisi 6 dan 7. Dan jangan pernah menyiksa tubuh di kondisi 8, 9, dan 10.(she/ipg)

 

Copas from : http://kelanakota.suarasurabaya.net/?id=1ce2a835633e683adba7b9f9d4d6b8722012102093

 

{jcomments on}