Kesadaran diri adalah salah satu bentuk wujud dari kepribadian seseorang yang mampu membedakan antar manusia dengan makhluk-makhluk lain, sehingga manusia mampu menampilkan apa yang ada dalam diri dan merefleksikannya.

 kesadaran diri

Kesadaran diri pada setiap manusia berbeda tergantung pada individu itu sendiri bagaimana menyikapi segala gejolak yang ada pada dirinya, pada dasarnya semakin tinggi kesadaran diri seseorang maka semakin tinggi pula pribadi seseorang tersebut. Tanggung jawab berangkat dari kesanggupan sadar seseorang. Dengan kesadaran seseorang bisa menjadi sadar atas tanggung jawabnya untuk memilih…

Kesadaran diri perlu bagi tiap individu untuk meningkatkan kesanggupan seseorang untuk mengalami hidup secara penuh sebagai manusia, sehingga dia bisa merasa utuh untuk menjadi pribadi yang baik dalam kehidupannya. Contoh kesadaran diri,”Kita pada dasarnya sendiri, tetapi memiliki kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain”. Dengan demikian mulai sekarang dan seterusnya temukan kesadaran diri itu, untuk membangun atau menciptakan kehidupan yang secara penuh dan utuh sebagai manusia yang penuh tanggung jawab atas apapun saja.