Masa lalu yang diam. Masa lalu yang diam adalah segala peristiwa dimasa silam yang datar atau dengan kata lain bermuatan emosi biasa-biasa saja. Cara mudah untuk mengetahui masa lalu yang diam adalah Anda merasakan hal yang biasa saja saat mengingatnya. Anda tidak merasa senang juga tak sedih, atau tidak berani dan juga tidak takut. Anda sama sekali tidak menemukan dorongan untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, masa lalu ini tidak berpengaruh apapun dalam kehidupan Anda. Apakah Anda memiliki masa lalu sejenis ini?? (Saya rasa Anda akan menjawabnya “Ya.”)

Masa lalu yang mendukung masa sekarang…. Masa lalu yang mendukung masa sekarang adalah masa lalu yang memberikan pengaruh positif maupun negatif, yang terpenting ketika Anda mengingatnya kembali, hal itu akan membuat Anda mempunyai energi yang cukup besar untuk bergerak secara produktif dalam mencapai kehidupan yang lebih baik.

Masa lalu yang mengganggu masa sekarang. Masa lalu yang mengganggu masa sekarang adalah sebuah pemikiran yang membuat hidup Anda saat ini menjadi kurang produktif, baik dilakukan secara sadar maupun tidak sadar. Masa lalu yang mengganggu masa sekarang adalah serangkaian peristiwa dimasa silam yang membentuk kepribadian, mindset, dan perilaku Anda saat ini namun menghalangi Anda untuk meraih kesuksesan dan hidup lebih baik. Apakah Anda memiliki masa lalu yang mengganggu Anda sekarang? (Semoga Anda tidak memilikinya)