Mengatasi Susah Tidur Dengan Hipnoterapi

Pada akhir bulan januari lalu, ada seorang laki-laki (sebut saja namanya Adi – nama samara) menghubungi kami untuk booking jadwal hipnoterapi. Mas Adi ingin mengatasi susah tidur. Mas Adi mengalami gangguan susah tidur dalam 1 minggu terakhir, membuat kondisi fisiknya drop. Sebelum datang ke tempat kami, dia sempat dirawat dirumah sakit dalam beberapa hari. Saat menghubungi via telpon, saya menanyakan sesuatu hal “ketika seseorang mengalami gangguan susah tidur, seringkali disebabkan oleh pikiran, maksud saya adalah sesuatu hal yang mengganjal dalam pikiran Mas Adi. Apakah ada sesuatu hal yang mengganjal dalam pikiran Anda saat ini?” Tanya saya. Lalu, Mas Adi pun menjawab, “padahal saya tidak memiliki sesuatu hal yang mengganjal pikiran saya” jawabnya. Selanjutnya saya jelaskan proses hipnoterapi, dan Mas Adi sepakat untuk membuat jadwal untuk hipnoterapi di tempat kami.

Mas Adi datang ke tempat kami sesuai jadwal. Dalam proses hipnoterapi ini, kami bantu menggali akar masalah yang memicu munculnya gangguan susah tidur. Kami ngobrol panjang lebar, dalam obrolan ini Mas Adi sempat menangis dalam menceritakan kondisinya. Dari obrolan panjang kami berdua, saya menemukan akar masalah dari kondisi yang dialami Mas Adi ini. Mas Adi adalah anak terakhir dari 4 bersaudara, ibunya meninggal saat dia masih berusia 4 bulan, dan ayahnya meninggal saat usia masih 4 tahun. Setelah kedua orang tuanya meninggal, Mas Adi beserta kakak – kakaknya diasuh oleh Budhenya. Budhenya telah menggantikan posisi orang tua Mas Adi. Budhenya merawat, mengasuh Mas Adi serta kakak – kakaknya dengan penuh kasih sayang, hingga Mas besar seperti saat ini.

Saat ini, budhe yang Mas Adi cintai mengalami sakit, sakit kanker. Mas Adi merasa takut, takut kehilangan. Mas Adi tidak ingin kehilangan lagi orang yang Mas Adi cintai. Perasaan tersebut dipendam, dan terus dipendam. Ditambah urusan pekerjaan. Dalam urusan pekerjaannya, dia merasa sendiri, tanggungjawab yang seharusnya ada orang lain yang bertanggungjawab, namun hal tersebut harus Mas Adi sendiri yang menghandlenya, karena Mas Adi merupakan orang kepercayaan atasannya. Problem ini dia pendam sendiri, dia merasa tak memiliki teman atau orang yang Mas Adi anggap bisa dipercaya atau yang membuatnya nyaman untuk menceritakan kondisinya ini. Meledak laah beban dalam pikirannya tersebut.

Saya bantu mengurai satu per satu beban pikiran yang dialami Mas Adi ini. Ketika Mas Adi memikirkan kondisi Budhe, apakah hal ini membantu kesembuhan Budhe? Tidak. Yang terjadi adalah seperti saat ini, Mas Adi malah gak bisa tidur, kondisi fisik terganggu dan pekerjaan juga terbengkalai. Produktivitas kerja pun menurun, dan tentunya akan menimbulkan masalah baru, bisa saja nanti atasan Mas Adi memarahi Mas Adi dan hal ini bisa menjadi beban baru untuk Mas Adi. Pengobatan Budhe membutuhkan biaya yang tidak sedikit, yang Mas Adi bisa lakukan saat ini adalah melakukan pekerjaan dengan sebaik mungkin. Stop terus memikirkan kondisi Budhe, yang perlu Mas Adi lakukan adalah melakukan hal-hal yang mendukung untuk kesembuhan Budhe. Mas Adi muslim? Iya! Dalam Al Qur’an disebutkan, bahwa setiap yang bernyawa akan mengalami kematian. Mas Adi ikhlaskan kematian kedua orang tua Mas Adi. Saya bisa memahami, Mas Adi tak ingin kehilangan orang yang Mas Adi cintai. Lakukan yang bisa Mas Adi lakukan saat ini, serta berdo’a dan berusaha untuk kesembuhan Budhe. Ketika Mas Adi bisa beraktivitas normal kembali, usaha untuk membantu kesembuhan Budhe akan jauh lebih maksimal. Bilamana Mas Adi sudah melakukan segala upaya dengan semaksimal mungkin, hasilnya ikhlas dan pasrahkan kepada Allah SWT. Sekarang, bagaimana perasaan Mas Adi, jauh lebih ringan yaa? Iya.

Dan beban Mas Adi dalam pekerjaan, coba disampaikan ke atasan Mas Adi, kondisi yang Mas Adi rasakan saat ini. Sampaikan segala unek-unek yang selama ini Mas Adi pendam sendiri. Mungkin kemarin – kemarin Mas Adi bertanya – tanya, pekerjaan yang seharusnya bendahara yang bertanggungjawab, kok harus saya yang bertanggungjawab dalam mengambil keputusan – dll. Ketika Mas Adi terus pendam sendiri, selamanya Mas Adi hidup dalam sebuah tanda tanya, dan hal itu akan membebani pikiran Mas Adi disadari atau tanpa disadari. Bagaimana, Mas Adi setuju? Iya, setuju, jawabnya.

Selain membantu menemukan akar masalah yang dialami Mas Adi, kami juga membantu menemukan tujuan hidup Mas Adi. Tujuan hidup ini adalah sesuatu yang dapat memberikan dorongan atau semangat untuk terus bergerak mencapainya. Memberikan semangat dalam bekerja, beraktivitas apapun yang mendukung tercapainya tujuan hidup tersebut.

Pada akhir sesi hipnoterapi pada hari itu, terlihat jelas dari raut wajahnya, kebahagiaan yang hadir serta perasaan optimis. Sangat terlihat jelas perbedaan raut wajahnya saat Mas Adi datang tadi.

Dan beberapa hari kemudian setelah terapi, saya mengabarkan kondisi Mas Adi. Alhamdulillah, Mas Adi sudah bisa tidur normal, dan dia merasa plong!!

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera