Pengertian Komunikasi/Definisi Komunikasi

 

komunikasi, pengertian komunikasi, definisi komunikasi

Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dimana dapat Anda lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak langkah manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang tergantung satu sama lain dan mandiri serta saling terkait dengan orang lain dilingkungannya. Satu-satunya alat untuk dapat berhubungan dengan  orang lain dilingkungannya adalah komunikasi baik secara verbal maupun  non verbal ( bahasa tubuh dan isyarat yang banyak dimengerti oleh suku bangsa).

Komunikasi mempunyai banyak arti/definisi, ada beberapa definisi dari komunikasi antara lain :

  1. Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh  pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi  (Astrid).
  2. Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
  3. Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
  4. Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
  5. Komunikasi  adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi)…

Komunikasi juga merupakan perwujudan sikap ramah dengan sesama, biasanya orang yang jarang berkomunikasi dengan orang lain itu bisa dianggap orang tersebut sombong/angkuh. Terlebih lagi kalau kehidupan di desa, Anda akan dianggap sombong bila suka acuh tak acuh kepada teman, tetangga saudara dan lain sebagainya. Dalam berkomunikasi Anda juga di tuntut untuk pandai dalam memilih kata-kata yang tepat, karena tidak jarang dalam berkomunikasi sering terjadi salah paham yang berbuntut perselisihan, bahkan saling membunuh.

Komunikasi yang baik akan membuat Anda mudah dalam bergaul, berteman, bernegosiasi dan lain sebagainya. Dalam berkomunikasi diharapkan menggunakan kata-kata ataupun isyarat yang mudah dimengerti satu sama lainnya. Hindari untuk menggunakan bahasa yang orang lain tidak mengerti untuk memudahkan Anda dalam berkomunikasi. Di Indonesia mempunyai banyak ragam bahasa mulai dari bahasa Jawa, Madura, Sunda, dan masih banyak lagi bahasa yang lainnya. Untuk mempermudah berkomunikasi dengan berbagai macam suku bangsa Anda harus bisa bahasa nasional Indonesia. Dengan menguasai bahasa Indonesia, Anda akan bisa berkomunikasi dengan suku manapun.

 

{jcomments on}