Pada artikel sebelumnya kita menjelaskan asumsi-asumsi dasar NLP bagian pertama yaitu #Hormati cara orang lain membentuk dunianya. Asumsi-asumsi dasar NLP berikutnya adalah #Peta Bukanlah Wilayah.

Peta adalah persepsi Anda dan wilayah adalah hidup Anda. Ahli matematika berkebangsaan Polandia, Alfred Corzibski, membuat perumpamaan tersebut untuk menekankan kepada kita bahwa persepsi tidak sama dengan kenyataan. Ia menyentuh bagian paling mendasar. Ketika Anda mengubah persepsi Anda, hidup Anda akan berubah.

Tentu Anda pernah menemui orang yang merasa hancur karena kehilangan pekerjaannya. Tetapi dengan cepat ia pulih, mendapat pekerjaan, atau memulai bisnis baru. Mereka merasa lebih bahagia dan bersyukur tentang kegagalan mereka yang lalu…

Setiap manusia selalu menghadapi tantangan sulit dalam hidup. Reaksi yang timbul kadang frustasi, penyesalan, dan mengasihani diri sendiri. Pada masa-masa itu kita menganggap langit runtuh dan hidup pun berakhir. Lalu kita akhirnya memahami bahwa cobaan akan dapat menjadi berkah nantinya.

Apakah waktu yang membuat kita lebih baik? Waktu tidak melakukan apa pun. Namun cara kita memandang situasi dan pengalaman tersebutlah yang berubah. Mari kita coba satu contoh latihan. Ingat seseorang yang Anda benci. Bayangkan dia ada bersama Anda sekarang dan rasakan emosi yang dipicu oleh pikiran-pikiran kita tentangnya. Sekarang, pikirkan orang yang sama. Tapi kali ini bayangkan ia berkuping seperti Mickey Mouse, hidung merah besar, berlenggak-lenggok diiringi riuhnya musik sirkus. Hentikan. Coba sekarang bayangkan dia tanpa dandanan lucu dan musik. Anda perhatikan bahwa perasaan Anda terhadapnya berubah seiring Anda mengubah persepsi Anda.

Perhatikan cara Anda melihat situasi dan berhati-hatilah agar tidak menjadikan peta sebagai wilayah. Ketika dihadapkan pada suatu tantangan (masalah), selalu tanya diri Anda : bisakah dimaknai lain?

Sumber : Buku Terapi NLP, Dr. Ibrahim Elfiky

Sebelumnya Hormati cara orang lain membentuk dunianya

#BelajarNLP #Asumsi_asumsi_dasar_NLP #Peta_Bukanlah_Wilayah #The_map_is_not_the_territory