Redakan Stres dengan Makanan Lezat

Ghiboo.com – Hampir setiap orang pernah mengalami stres dalam kehidupannya. Situasi seperti ini harus diatasi demi mencegah gangguan terhadap masalah kesehatan.

Mengatasinya sangat mudah. Ada bisa mengalihkan stres Anda dengan makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Investigation menemukan bahwa tak hanya rasa lapar, stres berkepanjangan turut membuat seseorang lebih tergiur saat melihat makanan.

Dalam kondisi stres, kelenjar-kelenjar adrenal akan melepaskan hormon kortisol, hormon yang memengaruhi peningkatan ghrelin, hormon yang mendongkrak nafsu makan melampaui normal. Inilah yang menyebabkan orang yang mengalami stres juga mengalami kenaikan berat badan.

Berikut beberapa jenis makanan yang tepat dikonsumsi untuk mengatasi stres, seperti dilansir melalui medicmagic, Senin (20/2)…

Makanan mengandung tryptophan
Konsumsilah makanan yang mengandung asam amino thryptophan yang dapat memacu otak memproduksi serotonin, yaitu zat kimiawi yang membuat tubuh dan pikiran rilaks, dan melatonin, atau hormon yang membuat Anda mengantuk, sehingga membantu meningkatkan kualitas tidur. Alternatif pilihan sumber protein yang tinggi asam amino tryptophan terdapat pada susu, ayam, telur, kacang-kacangan, keju, nasi, kalkun, dan ikan.

Makanan berkarbohidrat
Makanan berkarbohidrat sudah tak asing lagi bagi kita. Asupanlah makanan mengandung karbohidrat dua jam sebelum tidur akan meningkatkan jumlah serotonin di otak. Tapi ingatlah, jika sedang ingin menurunkan berat badan, asupan jumlah karbohidratnya harus dikurangi. Makanan berkarbohidrat ini banyak terdapat pada kentang, kue, es krim, pasta, sereal, madu

Makanan berlemak
Menambahkan lemak pada menu makanan, Anda akan memperoleh manfaat lebih dari karbohidrat. Lemak akan menghambat reaksi penyerapan, sehingga serotonin bertambah sedikit demi sedikit. Ini akan membantu Anda merasa rileks lebih lama. Sayangnya, makanan ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Makanan berlemak bisa diperoleh pada mentega, krim, selai kacang, kacang, sosis, cokelat.

Copas dari : http://health.ghiboo.com/redakan-stres-dengan-makanan-lezat

{jcomments on}