Sugesti | Merancang Sugesti yang Efektif

merancang sugesti yang efektifSebagai seorang hipnoterapis, Anda perlu belajar untuk peka terhadap makna dibalik setiap kata. Mengapa saya menggunakan kata “merancang” dan bukan “membuat”? Kata “membuat” mempunyai kesan asal-asalan. Sedangkan kata “merancang” menunjukkan keseriusan dan kehati-hatian.

Dalam merancang sugesti, selama ini Anda hanya terpaku pada struktur kalimat yang Anda gunakan. Merancang sugesti sebenarnya terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah memformulasikan sugesti dan tahap kedua adalah menentukan cara menyampaikannya. Kedua tahap ini sama pentingnya…

Berikut adalah beberapa acuan untuk merancang sugesti :

1). Gunakan bahasa yang sederhana, mudah  dimengerti, dan spesifik.

Mengapa harus begini? Karena sifat pikiran bawah sadar sama seperti anak-anak yang memberikan respon pada perintah yang jelas, apa adanya, dan tidak ambigu. Bisa Anda bayangkan bagaimana respon anak kecil bila Anda menggunakan bahasa yang “intelek”, “tinggi”, “canggih”, dan membingungkan? Contoh : “Setiap kali menghembuskan napas, Anda semakin rileks, semakin nyaman, dan tidur semakin nyenyak.”

Pastikan juga bahwa klien mengerti apa maksud Anda. Saya pernah menggunakan sugesti “tidur yang dalam.” Ternyata klien tidak memberikan respon padahal ia berada dalam kondisi deep trance. Selidik punya selidik, akhirnya saya tahu bahwa ia tidak mengerti apa yang dimaksud dengan “tidur yang dalam.” Kalau “tidur nyenyak,” dia mengerti.

2). Positif sugestikan apa yang diinginkan.

Hindari menggunakan kata negasi. Misalnya “tidak malas.” “tidak bodoh”, atau sejenisnya. Mengapa hal ini harus dilakukan dihindari? Karena pikiran tidak mengenal negasi. Cara kerja pikiran berbeda dengan bahasa. Pikiran bekerja dengan gambar atau imajinasi. Kalau Anda berkata “tidak malas”, yang muncul di pikiran adalah gambar orang malas. Jadi, daripada “tidak malas”, katakan “rajin.”

Contoh : “Anda merasakan kepuasan dan kebahagiaan dengan memakan makanan sehat yang membantu Anda untuk mencapai dan mempertahankan berat butuh yang ideal dan sehat.”

Hindari katakan : “Anda tidak suka makan junk-food dan makanan berlemak yang akan membuat Anda tetap gemuk.”

 

Contoh sugesti lain yang salah dan biasanya digunakan dalam proses terapi untuk menghentikan kebiasaan merokok : “Anda tidak membutuhkan makanan sebagai pengganti rokok.” Atau seperti saya dengar dari orang yang pernah diterapi dengan “hipnoterapi” (sengaja saya beri tanda kutip) untuk menghentikan kebiasaan merokoknya : “Saat merokok, Anda akan merasakan seluruh tubuh sakit sekali. Selanjutnya pikiran Anda akan melihat paru-paru Anda terkena kanker yang sangat mengerikan. Anda tentunya tidak mau kena kanker paru-paru gara-gara merokok. Oleh sebab itu, Anda harus berhenti merokok mulai dari sekarang dan seterusnya.”

3). Gunakan emosi.

Dalam merancang kalimat sugesti, Anda perlu memasukkan unsur perasaan atau emosi. Hal ini sangat efektif untuk orang yang emotional suggestible. Contohnya : “Rasakan betapa enak rasanya saat Anda masuk ke dalam kondisi relaksasi yang dalam seperti ini.”

4). Gunakan kalimat “sekarang.”

Gunakan kalimat “sekarang” (present tense), jangan kalimat “akan” (future tense).

Sumber : Buku Hypnotherapy (Adi W. Gunawan)

 

Tags : Hipnoterapi surabaya, klinik hipnoterapi surabaya, hipnoterapi anak surabaya, hipnotis surabaya, terapi hipnotis surabaya, Hipnoterapi, Kata Kata Sugesti, Sugesti Positif

About Media Sugesti

Media Sugesti adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi kepribadian, hipnoterapi dan motivasi. Berlaku untuk anak-anak hingga dewasa. Media Sugesti didukung oleh para ahli dengan latar belakang pendidikan psikologi dan hipnoterapi. Sehingga layanan yang diberikan semakin maksimal untuk membantu Anda mencapai kehidupan yang lebih bahagia dan sukses luar biasa. PRODUK & LAYANAN : HIPNOTERAPI, KONSULTASI MOTIVASI, TEST PSIKOLOGI, TEST SIDIK JARI, TEST GRAPHOLOGY, PERSONALITY CHECK UP, STORY TELLER, NARASUMBER SEMINAR & TRAINING, CD HIPNOTERAPI MEDIA SUGESTI: Jl.Gubeng Kertajaya 7c No.56 - Surabaya - Jawa Timur - Indonesia 085105224499 Buka setiap hari Senin-Sabtu - Jam 10:00-17:00 Setiap konsultasi dan terapi harus melalui perjanjian lebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

WordPress SEO fine-tune by Meta SEO Pack from Poradnik Webmastera