Asumsi – asumsi dasar NLP yang ke-sembilan adalah #Setiap pengalaman memiliki struktur tersendiri. Jika Anda mengubah strukturnya, dengan sendirinya pengalaman Anda akan berubah.

Seorang wanita mendatangi kantor saya di Montreal dan mengaku sangat takut terhadap kecoak. Beberapa menit sebelumnya, ia berlari keluar rumah ketika ia menyaksikan seekor kecoak merayap keluar dari celah kursi didapur. Saya bertanya apa yang ia takuti dari kecoak. Wanita itu menjawab ia sangat jijik dengan warna dan bentuknya. Kemudian, saya terlebih dahulu fokus pada warna. Saya minta ia menyebutkan warna kecoak dan ia bilang coklat tua. Saya bertanya, “Apa warna celana panjangnya?” Setelah sebentar berusaha menekan kegugupannya dan menyadari kesamaan warna celananya dengan warna kecoak, ia pun tertawa. Lalu saya minta ia menyebutkan nama seorang teman yang dengan hanya mengingatnya saja membuatnya ketawa. Ia sebut nama Michael. Untuk keperluan terapi, kami sepakat menamai kecoak tersebut Michael dan saya minta ia membayangkannya memakai celana panjang coklat tuanya. Kami tambahkan dua telinga lebar kelinci untuk “Michael” yang selalu menyanyikan lagu Twinkle, Twinkle Little Star ketika merayap. Tak lama kemudian, setiap kali saya menyebut kata “kecoak”, ia tertawa terbahak-bahak…

Wanita itu mempunyai struktur pengalaman dan program tertentu didalam pikirannya, sebut saja, “rasa takut tanpa alasan.” Ketika saya membantunya mengubah strukturnya, pengalamannya berubah. Ini membuatnya nyaman. Hal yang sama akan terjadi pada Anda. Ketika Anda memikirkan sebuah pengalaman buruk, ubahlah strukturnya. Lihatlah dengan cara berbeda. Dan Anda pun akan mempunyai pengalaman yang lain.

Sumber : Buku Terapi NLP – Dr. Ibrahim Elfiky

#BelajarNLP #asumsi-asumsi_dasar_NLP #HipnoterapiSurabaya