Asumsi-asumsi dasar NLP yang kedelapan adalah #Tidak ada kegagalan, hanya umpan balik yang kurang tepat.

Orang – orang cenderang memandang hari-hari buruk mereka sebagai kegagalan. Lalu timbul perasaan-perasaan tak keruan dan tak layak. Contohnya dalam bisnis, sering seseorang yang sedang berusaha meningkatkan penjualannya hanya memperoleh untuk sedikit karena takut mengambil resiko. Dalam hubungan pria-wanita, seorang wanita yang mendapati suaminya berselingkuh, cenderung mempercayai bahwa semua pria tidak jujur seperti suaminya. Akhirnya, dia menjauhi semua pria…

Akan tetapi, coba Anda bertanya kepada orang-orang sukses tentang rahasia kesuksesan mereka. Mereka tidak hanya akan bercerita tentang kegagalan, tetapi juga tantangan yang mereka jumpai. Mereka pasti menceritakan bagaimana mereka menghadapi setiap tantangan yang mereka jumpai. Mereka pasti menceritakan bagaimana mereka menghadapi setiap tantangan, kalah, dan berusaha lagi. Bagaimana kegagalan-kegagalan tersebut menjadikan mereka lebih tangguh dari sebelumnya. Masa lalu Anda benar-benar seperti harta karun pengalaman yang berharga utnuk digunakan melangkah ke masa depan. John Grinder menggarisbawahi hal ini dengan mengatakan, “Masa lalu tidak sebanding dengan hari esok.” Tidak peduli berapa kali Anda gagal dimasa lalu, yang penting adalah bagaimana Anda memanfaatkan pengalaman-pengalaman tersebut. Pepatah Cina mengatakan, “Kesuksesan datang dari keputusan yang baik, keputusan yang baik datang dari penilaian yang tepat. Penilaian yang tepat didapat dari pengalaman dan pengalaman didapat dari penilaian yang buruk.”

Maju terus, ambil resiko, evaluasi, selaraskan, gunakan pengalaman-pengalaman terdahulu dan pengetahuan Anda untuk meraih kesuksesan. Tidak ada kegagalan, hanya umpan balik yang kurang tepat.

Sumber : Buku Terapi NLP – Dr. Ibrahim Elfiky

#BelajarNLP #asumsi-asumsi_dasar_NLP #HipnoterapiSurabaya