Karakter Dasar Entrepreneur/Pengusaha

 

karakter dasar entrepreneur, definisi entrepreneur, pengertian entrepreneur

Entrepreneur/Pengusaha adalah proses menciptakan sesuatu nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul resiko-resiko financial, psikis dan social yang menyertai, serta menerima penghargaan/imbalan meneter dan kepuasan pribadi.

 

Entrepreneur/Pengusaha menurut para ahli merupakan :

a). Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau berbeda (ability to create the new and different). (Peter F. Drucker)

b). Penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari. (Thomas W. Zimmerer)

c). seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business). (Andrew J. Dubrin)

d). Proses dimana seirang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mengejar peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang saat ini dikendalikan (Entrepreneurship is the process whereby an individual or a group of individuals uses organized efforts and means to pursue opportunities to create value and grow by fulfilling wants and need through innovation and uniqueness, no matter what resources are currently controlled). (Robbin & Coulter)…

 

Enterpreneur/Pengusaha di Indonesia ini masih belum begitu banyak, mungkin masih sekitar 0,16 % penduduk Indonesia ini yang menjadi seorang Entrepreneur. Padahal untuk menjadikan suatu negara itu makmur perlu 2,5% dari penduduknya yang menjadi seorang entrepreneur. Dengan mempunyai banyak entrepreneur, pasti akan lebih banyak menciptakan lowongan pekerjaan serta mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Negara ini.

 

Entrepreneur/Pengusaha pasti mempunyai perjalanan yang panjang untuk mencapai puncak kesuksesannya. Untuk menjadi seorang entrepreneur/pengusaha Anda harus mempunyai karakter dasar. Ada beberapa karakter dasar yang harus dimiliki seorang entrepreneur/pengusaha yaitu mempunyai percaya diri, memiliki rasa tanggung jawab, mampu berkomunikasi, sangat terbuka untuk belajar hal baru, team player, system-oriented, dedikasi tinggi, greatful, optimistic, fun, a leader by example, not afraid of risk or success.

 

 

{jcomments on}